Light Dark

Bunda Perlu Tahu, Inilah 7 Bahan Pengganti Tepung Jagung

Kuliner | 16 Nov 2021, 06:00 WIB
Ada banyak jenis tepung yang bisa menjadi pengganti tepung jagung. | giulioperricone

SUKABUMIUPDATE.com - tepung jagung atau maizena banyak digunakan untuk memasak dan memanggang. tepung ini merupakan pati murni yang diekstraksi dari biji jagung. tepung jagung sering digunakan sebagai bahan pengental untuk sup, semur dan kuah, karena ketika dipanaskan tepung ini sangat bagus dalam menyerap air. 

Tepung jagung memiliki kandungan yang bebas gluten sehingga sering disukai oleh mereka yang memiliki gangguan terkait gluten. tepung maizena bukan satu-satunya bahan yang bisa digunakan sebagai pengental. 

Baca Juga :

Melansir dari Healthline.com ada 7 bahan yang dapat Anda gunakan sebagai pengganti tepung jagung.

1. tepung Terigu

Tepung terigu terbuat dari gandum yang digiling hingga menjadi bubuk halus, sehingga tepung ini tidak cocok untuk orang yang memiliki gangguan terkait gluten. 

Tidak seperti tepung maizena, tepung terigu mengandung protein dan serat, serta pati. Namun, untuk mendapatkan tekstur kental yang sama seperti maizena, Anda harus menggunakan tepung terigu lebih banyak. 

Baca Juga :

Secara umum, untuk mengentalkan Anda disarankan untuk menggunakan tepung terigu dua kali lebih banyak daripada tepung maizena. Misal, Anda membutuhkan satu sendok makan tepung maizena, berarti Anda harus menggunakan dua sendok makan tepung terigu. 

Untuk mengentalkan masakan dengan tepung terigu, Anda perlu mencampurkan dengan sedikit air dingin hingga berbentuk pasta. Hal ini untuk menghindari terbentuknya gumpalan saat Anda mencampurkannya ke dalam masakan. 

2. tepung Kentang

Tepung kentang dibuat dari kentang yang dihancurkan untuk diambil patinya kemudian dikeringkan hingga menjadi bubuk. tepung kentang memiliki karbohidrat yang tinggi dan mengandung sedikit lemak. Seperti pati umbi dan akar lainnya, pati kentang memiliki rasa yang cukup hambar, sehingga tidak akan merusak rasa masakan Anda. 

Gunakan tepung kentang sebagai pengganti tepung jagung dengan  perbandingan 1:1. Artinya, jika Anda membutuhkan satu sendok makan tepung maizena, Anda cukup menggunakan satu sendok makan tepung kentang. 

photoIlustrasi tepung - (Bru-no)

3. Tapioka

Tapioka merupakan produk pati olahan yang diekstraksi dari singkong. Singkong digiling hingga menjadi bubur kemudian disaring cairannya dan dikeringkan hingga menjadi tepung. 

Namun, beberapa tanaman singkong mengandung sianida, sehingga singkong harus diolah terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Kebanyakan koki menyarankan untuk mengganti satu sendok makan tepung maizena dengan dua sendok makan tepung tapioka. 

4. tepung Beras

Tepung ini terbuat dari beras yang digiling halus. tepung Beras sering digunakan di Asia sebagai bahan makanan penutup, bihun atau sup. tepung ini populer di kalangan mereka yang memiliki gangguan terkait gluten sebagai pengganti tepung terigu. 

Tepung beras juga bisa digunakan sebagai pengental yang efektif menggantikan tepung jagung. Selain itu, tepung beras tidak berwarna saat dicampur dengan ai, sehingga sangat berguna untuk mengentalkan cairan yang bening. 

Baca Juga :

Seperti tepung terigu, di sarankan agar Anda menggunakan tepung beras dua kali lebih banyak daripada tepung maizena untuk mendapatkan hasil yang sama. 

5. Ararut

Ararut adalah tepung yang terbuat dari akar tanaman genus Maranta yang ditemukan di daerah tropis. Untuk membuat garut, akar tanaman dikeringkan terlebih dahulu kemudian digiling hingga menjadi bubuk halus yang dapat digunakan sebagai pengental masakan. 

Beberapa orang lebih memilih tepung ini daripada tepung jagung, karena mengandung lebih banyak serat. tepung ararut atau garut ini memiliki tekstur gel bening ketika dicampur dengan air, jadi sangat bagus untuk mengentalkan masakan yang bening.

Disarankan untuk menggunakan tepung garut dua kali lebih banyak dari tepung maizena untuk mendapatkan hasil yang serupa. tepung ararut juga bebas gluten, jadi cocok untuk orang yang tidak mengonsumsi gluten.

LAPORAN KONTRIBUTOR : AURA ALYA KAUTSAR

Image

Admin SUpdate

Image

Toni Kamajaya