Cisolok Cikakak Palabuhanratu 15 November Siaga! BMKG: Hujan Lebat Kategori 6

Senin 15 November 2021, 10:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga Kecamatan di wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, yaitu Palabuhanratu, Cisolok dan Cikakak hari ini masuk zona siaga untuk potensi hujan lebat yang bisa menimbulkan dampak bencana. BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika menyebut tiga kecamatan ini berpotensi dilanda hujan lebat kategori 6, pada Senin (15/11/2021).

Secara keseluruhan BMKG merilis info prakiraan cuaca untuk wilayah Jawa Barat sebagai berikut;

- Pagi hari: Berpotensi hujan ringan hingga sedang di Kab Majalengka, Kab Sumedang, Kab dan Kota Cirebon, Kab Indramayu, Kab Subang, Kab Garut dan Kab Sukabumi.

- Siang dan Sore hari: Berpotensi hujan sedang hingga lebat di Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Subang, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Bandung Barat, Kab Garut, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kab Pangandaran, Kota Banjar, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab Indramayu, Kab dan Kota Cirebon, dan Kab Kuningan.

- Malam hari:  Berpotensi hujan ringan hingga sedang di Kab Sumedang, Kab Sukabumi, Kab Cianjur, Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi.

- Dini Hari: Berpotensi hujan ringan hingga sedang di Kab Indramayu, Kab Sukabumi, Kab Tasikmalaya, dan Kab Pangandaran

"Peringatan dini: Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang siang/sore hingga menjelang malam hari di Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab Karawang, Kab Subang, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Bandung Barat, Kab Garut, kab Subang, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kab Pangandaran, Kota Banjar, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab dan Kota Bekasi, Kab Indramayu, Kab dan Kota Cirebon dan Kab Kuningan," tulis Prakirawan BMKG, Stasiun Klimatologi Bogor dalam rilis yang dikeluarkan 15 November 2021, pukul 06.00 WIB.

photoLuapan Sungai Cimandiri, juga merendam ponpes Istabrok di Kampung Cisoka RT 04/02 Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Rabu pekan kemarin - (istimewa)</span

Info ini berlaku 15 November  2021 pukul 07.00 wib hingga November  2021 pukul 07.00). BMKG juga merilis status dan potensi dampak hujan lebat yang bisa menimbulkan Banjir Bandang, untuk wilayah Jawa Barat, yaitu; 

1. Kota Bekasi(Siaga)

2. Kota Depok (Siaga)

3. Bogor (Siaga)

4. Sukabumi (Siaga)

5. Kota Banjar(Siaga)

6. Ciamis (Siaga)

7. Tasikmalaya (Siaga)

8. Pangandaran (Siaga)

9. Cianjur (Waspada)

10. Bandung Barat (Waspada)

11. Bandung (Waspada)

12.Garut (Waspada)

13.Kuningan (Waspada)

Baca Juga :

Dalam portal signature, BMKG menandai tiga kecamatan, yaitu Cisolok, Cikakak dan Palabuhanratu dengan warna orange. Zona wilayah yang berpotensi dilanda hujan deras kategori 6 yang dikhawatirkan menimbulkan dampak seperti banjir, bandang dan longsor.

Sementara sejumlah kecamatan lain masuk zona kuning atau kategori 4, yaitu  Gegerbitung, Cireunghas, Kebonpedes, Nyalindung, Sukaraja, Sukalarang, Sukabumi, Tegalbuleud, Cidolog, Cidadap (Kabupaten Sukabumi); Baros, Cibeureum, Citamiang, Cikole (Kota Sukabumi).

Koleksi Video Lainnya:

Aniaya Warga Cibitung Sukabumi, Dua Eks Anggota Genk Motor Dibekuk

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

5 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 5 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist