Light Dark

Jembatan Lalay Rusak, DPRD Sukabumi Ungkap Penyebab Belum Diperbaiki

Sukabumi | 13 Nov 2021, 08:49 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Dennys Ali Perkasa mengungkap ada kendala anggaran yang menyebabkan molornya rencana perbaikan Jembatan lalay | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Dennys Ali Perkasa mengungkap ada kendala anggaran yang menyebabkan molornya rencana perbaikan Jembatan lalay. Jembatan kuno yang berada di Kampung Cigadog, Desa Bantarkalong, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi ini makin rusak, terbaru slink besinya putus diterjang banjir Sungai Cimandiri beberapa waktu lalu.

Menurut Dennys, Jembatan lalay adalah akses vital masyarakat tiga desa yakni, Bantarkalong, Hegarmanah dan Mekarjaya. Kondisinya memang perlu perbaikan total dan sudah diajukan sejak tahun 2020.

"Sebetulnya dari tahun 2020 sudah diajukan dari kabupaten ke provinsi Jawa Barat. Alhamdulillah sudah mendapat dukungan dari DPRD Provinsi Komisi IV pak Phinera Wijaya, waktu itu," ujar Dennys. 

Dijelaskan Dennys, namun di tahun 2020 terjadi refocusing anggaran akibat pandemi covid-19, rencana alokasi perbaikan Jembatan lalay termasuk yang di cancel. 

photoAnggota DPRD Kabupaten Sukabumi Dennys Ali Perkasa - (istimewa)

"Ketika 2020 anggaran ter refocusing covid 19 jadinya belum ada kelanjutan lagi. Kapan Jembatan ini akan diperbaiki" jelasnya. 

Untuk itu, kata Dennys dalam waktu dekat, DPRD akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi dan Jabar. Koordinasi untuk memastikan perlunya alokasi anggaran perbaikan Jembatan lalay karena kondisinya makin rawan ambruk.

"Saya akan langsung koordinasi dengan dinas PU, karena akses Jembatan ini harus segera diperbaiki," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, material besi yang menjadi penyangga Jembatan rawayan sepanjang 25 meter dan lebar 2,5 meter itu sudah mulai berkarat. Begitu juga bagian lantai Jembatan yang terbuat dari kayu, sudah mulai lapuk. 

Baca Juga :

Lebih mengerikan lagi kabel sling yang berfungsi sebagai penopang badan Jembatan sudah terputus akibat diterjang derasnya air sungai Cimandiri pada Selasa lalu (9/11/2021). "Sebenarnya itu sudah lama rusak, kemarin sling terputus dan badan Jembatan bagian bawah patah, jadi kondisinya tambah rusak," ujar Kepala Dusun Cigadog, Desa Bantarkalong, Farel kepada sukabumiupdate.com melalui pesan singkat.tags: Jembatan,Lalay,Sukabumi,DPRD

Image

Nandi

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur