Light Dark

Warga di Sukabumi Terbawa Longsor ke Dasar Tebing sedalam 12 Meter

Sukabumi | 30 Oct 2021, 13:04 WIB
Hujan deras memicu terjadinya longsor di Babakan Cirumput RT 02/07 Desa Bojongsawah Kecamatan Kebonpedes | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Berniat hendak memeriksakan kondisi pekarangan rumahnya yang ambles akibat didera hujan, seorang pria di Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, malah terbawa longsoran tanah.

Pria nahas yang terbawa longsor tersebut diketahui bernama Maman. Musibah yang dialami pria 29 tahun tersebut terjadi pada Jumat malam (29/10/2021), sekira pukul 19.30 WIB di Kampung Babakan Cirumput RT 02/07 Desa Bojongsawah Kecamatan Kebonpedes. 


Advertisement

Baca Juga :

Saat itu, Maman hendak memeriksakan kondisi lahan pekarangan rumahnya yang nyaris mengalami longsor. Namun tiba-tiba saja, tanah yang dipijak Maman ambles.

Tak ayal, tubuh Maman serta merta tergerus bersamaan dengan bongkahan tanah yang longsor ke bagian dasartebing sedalam 12 meter.


Advertisement

Kapolsek Kebonpedes Iptu Tommy Ganhani Jaya memastikan korban selamat dalam kejadian itu. Pasalnya korban sempat melompat ke seberang sungai sebelum longsoran tanah menimbunnya di dasar tebing.

"Beruntung ia lansung loncat ke sebrang sungai sehingga tidak tertimpa material longsor susulan," ujar Iptu Tommy Ganhani Jaya Sakti, Sabtu (30/10/2021).

photoPria ini tergerus bongkahan tanah dalam peristiwa longsor yang terjadi di Kebonpedes, Sukabumi - (Istimewa)

Akibat musibah Maman megalami luka ringan di beberapa bagian tubuhnya serta mengalami keselo pada bagian tangannya. "Tidak luka berat, hanya lecet dan tangan keseleo saat terjatuh dan menyelamatkan diri," jelasnya.

Peristiwa longsor yang terjadi di sekitar tempat tinggal Maman itu dipicu akibat guyuran hujan deras secara terus menerus. "Tanah tebing setinggi 12 meter itu tidak disertai tembok penahan tanah sehingga longsor ke depan pekarangan rumah warga," jelas Iptu Tommy.

Guna mengantisipasi longsor susulan, kepolisian telah merekomendasikan kepada pemerintahan desa untuk segera mengajukan bantuan ke pemerintah daerah untuk perbaikan jalan yang rusak tekena longsor.

Image

Riza

Image

Toni Kamajaya