Light Dark

Banyak Lahan Konservasi, Alasan Pembangunan Jabar Selatan Lebih Dibatasi

Jawa Barat | 29 Oct 2021, 07:00 WIB
Pembangunan jaringan jalan lintas selatan sebagai salah satu upaya untuk mendongkrat perekonomian di Jabar Selatan | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Jabar Selatan dan Rebana menjadi prioritas pembangunan di Jawa Barat. Pemerintah bahkan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jabar Bagian Selatan. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja menegaskan bahwa Perpres Nomor 87 Tahun 2021 ini perlu komitmen semua pihak terkait. Dengan begitu, keselarasan dan pemerataan pembangunan di Jabar dapat berjalan optimal. 

"Kami atas nama Pemda Provinsi Jabar mengucapkan terima kasih terkait dengan telah diterbitkannya Perpres Nomor 87 Tahun 2021. "Kami pun secara konsisten melakukan follow up setelah dikeluarkannya Perpres ini," kata Setiawan dalam Rapat Koordinasi Rencana Induk Percepatan Pembangunan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan di Sensa Hotel, Kota Bandung, Kamis (28/10/2021).

Dalam The 3rd West Java Investment Summit (WJIS) 2021, misalnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama enam kepala daerah yaitu Bupati Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran, menandatangani komitmen bersama dalam mendukung pembangunan di wilayah Selatan Jabar.

photoSekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja - (Shubhi Aldien/Biro Adpim Jabar)

Sedangkan untuk penandatanganan komitmen pembangunan Kawasan Rebana di tujuh kabupaten/kota sudah dilakukan pada tahun lalu. Setiawan mengatakan, dengan adanya komitmen bersama, pembangunan dapat terakselerasi. 

"Bahwa kita harus lari dengan komitmen yang sudah dibangun sejauh ini," ucap Sekda dikutip dari Humas Jabar.

Setiawan menuturkan, Kawasan Rebana dan Kawasan Jabar bagian Selatan memiliki keunggulan yang berbeda. Keindahan alam menjadi potensi terbesar untuk mengembangkan sektor kepariwisataan di Jabar bagian selatan. 

Jabar bagian Selatan pun punya potensi cukup besar di sektor perikanan, pertanian, dan perkebunan.  Sementara salah satu keunggulan Kawasan Rebana adalah 13 kawasan industri baru yang akan membangkitkan laju pertumbuhan ekonomi di Jabar maupun nasional.  

Baca Juga :

"Kenapa Jabar Selatan ini dikembangkan tetapi terbatas, kami jelaskan bahwa secara geografis bahwa Jabar selatan ini harusnya memiliki fungsi konservasi yang lebih tinggi untuk Jabar," tuturnya. 

Setiawan pun menuturkan, dengan adanya Perpres Nomor 87 Tahun 2021, kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Jabar akan meningkat. "Penyerahan Perpres secara seremonial dilirik semua orang, magnetnya semakin kencang," tuturnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur