Light Dark

Rp 157 Triliun untuk Jabar Selatan, Emil Sebut 6 Kabupaten Termasuk Sukabumi

Jawa Barat | 21 Oct 2021, 16:18 WIB
Gubernur Ridwan Kamil menghembuskan kabar istimewa untuk warga yang tinggal di kawasan Jawa Barat atau Jabar Selatan, termasuk Sukabumi | google maps

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Ridwan Kamil menghembuskan kabar istimewa untuk warga yang tinggal di kawasan Jawa Barat atau Jabar Selatan. Pemerintah ungkap Emil menyiapkan anggaran hingga Rp 157 triliun untuk membangun Jabar Selatan.

Anggaran tersebut terbagi dalam 81 program infrastruktur dan lainnya yang disiapkan pemerintah pusat dan provinsi Jawa Barat. Keputusan ini resmi, karena sudah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2021.

"157 Triliun dalam 81 program infrastruktur dll disiapkan pemerintah pusat dan provinsi untuk kesetaraan dan lompatan Jabar Selatan. Keputusan ini resmi tertuang dalam Perpres 87 tahun 2021." tulis Ridwan Kamil dalam postingan media sosialnya, Kamis (21/10/2021).

Gubernur Jabar menegaskan bahwa penggenjot pembangunan wilayah selatan merupakan pekerjaan rumah yang terus diperjuangkan hingga akhirnya bisa direalisasikan. "Komitmen dan wujud janji politik yang berhasil kami perjuangkan untuk kesejahteraan masyarakat Jabar Selatan yang selama ini sempat tertinggal," lanjutnya.

photoGubernur Jabar Ridwan Kamil saat menyambut kunker Presiden Jokowi - (dok akun medsos Ridwan Kamil)

Diujung postingannya, Emil mengajak warga Jabar Selatan bersemangat dengan lahirnya Perpres Nomor 87 tahun 2021 ini. "Mari bersemangat untuk warga Kab Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran," pungkasnya.

Mengutip dari jdih.setkab.go.id, Perpres 87 tahun 2021 berisi tentang percepatan pembangunan kawasan REBANA dan kawasan Jawa Barat bagian selatan.

Baca Juga :

Kawasan rebana meliputi Kabupaten Subang, Sumedang, Indramayu, Majalengka, Kota dan Kabupaten Cirebon dan Kuningan. Sementara, untuk rencana pembangunan Jabar Selatan berada di Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Garut, Ciamis dan Pangandaran.

Perpres ditandatangani Presiden Jokowi dan mulai diundangkan per 10 September 2021 silam. Salah satu pertimbangan adalah percepatan pembangunan di kawasan Rebana dan selatan Jawa Barat ini perlu dilakukan melalui penyediaan infrastruktur untuk menumbuhkan investasi yang berdampak pada peningkatan ekonomi nasional yang berkelanjutan.

photoKonten ini didukung oleh DISPUSIPDA Jabar - (PED JABAR)

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur