Light Dark

Akhirnya Para Lansia Karamat di Kota Sukabumi Mau Divaksin Covid-19

Sehat | 22 Oct 2021, 16:30 WIB
Vaksinasi covid-19 di RW 06 Kelurahan Karamat Kota Sukabumi didatangi para lansia | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Program vaksinasi covid-19 tingkat RW yang digencarkan Pemerintah Kota Sukabumi akhirnya bisa meraih lebih banyak sasaran khususnya lansia. Hari ini para lanjut usia di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi berbondong-bondong mendatangi lokasi vaksin yang diadakan di pemukiman penduduk.

Lansia menjadi salah satu kelompok masyarakat yang selama ini capaian vaksinasi covid-19 nya rendah, termasuk di Kota Sukabumi Jawa Barat. Ternyata salah satu alasannya, lokasi terpusat yang kadang jauh membuat lansia malas ikut vaksinasi covid-19.

Buktinya, saat pemkot mulai gerakan mendatangi sasaran dengan vaksinasi di level RW (rukun warga) banyak lansia yang rela antri demi suntikan vaksin covid-19. Hal ini terlihat dari vaksinasi di RW 06 Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi, hari ini Jumat (22/10/2021).

Sejak pagi rumah Ketua RW 06, Irfan Maulana sudah dipenuhi warga yang ingin mendapatkan vaksin covid-19. Para lansia bahkan terlihat lebih banyak dari kelompok masyarakat lain yang berkumpul di lokasi tersebut.

photoVaksinasi covid-19 di RW 06 Kelurahan Karamat Kota Sukabumi didatangi para lansia - (istimewa)

"Ya selama dua hari, sekarang dan besok. Kami gelar vaksinasi tingkat RW disini. Untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga yang belum mendapatkan vaksin covid-19. Alhamdulilah banyak yang datang, khususnya para lansia," jelas Irfan yang akrab disapa bah ipan ini kepada sukabupdate.com.

Menurut Bah Ipan, seluruh RT dari dua RW dikerahkan untuk memberitahukan kepada warga yang belum divaksin. "Kami sifatnya memberitahukan saja, tidak memaksa. Buktinya hari ini banyak yang datang terutama lansia. Mereka rata-rata memang malas harus vaksin ke lokasi terpusat, bahkan untuk vaksin di puskesmas ada yang nggak mau," bebernya.

Baca Juga :

Alasan itu diungkapkan oleh salah seorang lansia, nek Emah panggilannya yang sudah berusia 70 tahun. "Jauh ka gedung juang mah, emak teu aya nu nganter. Didie mak caket, imah emak dihandap," jelasnya kepada sukabumiupdate.

Dalam vaksinasi tingkat RW hari ini, tim dari Puskesmas Cipelang menyiapkan hingga 700 dosis vaksin, baik sinovac maupun astrazeneca. Jadi jenis vaksin sesuai dengan kelompok usia dan dosis pertama yang sudah didapatkan oleh warga.

"Target kami sebanyak-banyaknya untuk percepatan, karena besok masih akan berlangsung di sini rumah pak Ipan ketua RW 06 Karamat," jelas Kepala Puskesmas Cipelang dokter Tri Betawi kepada sukabumiupdate.com.

Dokter Tri menjelaskan hari pertama target 350 dosis dan hari kedua juga sejumlah itu. lansia menjadi sasaran utama vaksinasi covid-19 termasuk di Kota Sukabumi, selain juga masyarakat umum. 

"Ya rata-rata selain alasan mempertanyakan urgensi vaksin untuk mereka, faktor transportasi juga masalah untuk lansia selama ini. Makanya kita mendekatkan spot yang belum banyak divaksin. Ternyata hari ini cukup banyak lansia yang datang untuk divaksin," beber Tri.

Data yang diterima Tri, capaian vaksinasi di Kelurahan Karamat didorong untuk percepatan, karena masih ada 3 ribu warga yang belum divaksin covid-19. "Tim yang bertugas ada 15 orang, dengan satu vaksinator." 

Data Dinas Kesehatan Kota Sukabumi terbaru, capaian vaksinasi covid-19 dosis pertama sudah mencapai 68,7 persen atau 185.341 warga. Dosis kedua baru 33,8 persen atau 91.224 orang. Dari angka tersebut capaian untuk dosis pertama lansia mencapai 44,0 persen atau baru 11.986 orang dan dosis kedua baru 24,9 persen atau 6.782 orang.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur