Akhirnya Para Lansia Karamat di Kota Sukabumi Mau Divaksin Covid-19

Jumat 22 Oktober 2021, 16:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Program vaksinasi covid-19 tingkat RW yang digencarkan Pemerintah Kota Sukabumi akhirnya bisa meraih lebih banyak sasaran khususnya lansia. Hari ini para lanjut usia di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi berbondong-bondong mendatangi lokasi vaksin yang diadakan di pemukiman penduduk.

Lansia menjadi salah satu kelompok masyarakat yang selama ini capaian vaksinasi covid-19 nya rendah, termasuk di Kota Sukabumi Jawa Barat. Ternyata salah satu alasannya, lokasi terpusat yang kadang jauh membuat lansia malas ikut vaksinasi covid-19.

Buktinya, saat pemkot mulai gerakan mendatangi sasaran dengan vaksinasi di level RW (rukun warga) banyak lansia yang rela antri demi suntikan vaksin covid-19. Hal ini terlihat dari vaksinasi di RW 06 Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi, hari ini Jumat (22/10/2021).

Sejak pagi rumah Ketua RW 06, Irfan Maulana sudah dipenuhi warga yang ingin mendapatkan vaksin covid-19. Para lansia bahkan terlihat lebih banyak dari kelompok masyarakat lain yang berkumpul di lokasi tersebut.

photoVaksinasi covid-19 di RW 06 Kelurahan Karamat Kota Sukabumi didatangi para lansia - (istimewa)</span

"Ya selama dua hari, sekarang dan besok. Kami gelar vaksinasi tingkat RW disini. Untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga yang belum mendapatkan vaksin covid-19. Alhamdulilah banyak yang datang, khususnya para lansia," jelas Irfan yang akrab disapa bah ipan ini kepada sukabupdate.com.

Menurut Bah Ipan, seluruh RT dari dua RW dikerahkan untuk memberitahukan kepada warga yang belum divaksin. "Kami sifatnya memberitahukan saja, tidak memaksa. Buktinya hari ini banyak yang datang terutama lansia. Mereka rata-rata memang malas harus vaksin ke lokasi terpusat, bahkan untuk vaksin di puskesmas ada yang nggak mau," bebernya.

Baca Juga :

Alasan itu diungkapkan oleh salah seorang lansia, nek Emah panggilannya yang sudah berusia 70 tahun. "Jauh ka gedung juang mah, emak teu aya nu nganter. Didie mak caket, imah emak dihandap," jelasnya kepada sukabumiupdate.

Dalam vaksinasi tingkat RW hari ini, tim dari Puskesmas Cipelang menyiapkan hingga 700 dosis vaksin, baik sinovac maupun astrazeneca. Jadi jenis vaksin sesuai dengan kelompok usia dan dosis pertama yang sudah didapatkan oleh warga.

"Target kami sebanyak-banyaknya untuk percepatan, karena besok masih akan berlangsung di sini rumah pak Ipan ketua RW 06 Karamat," jelas Kepala Puskesmas Cipelang dokter Tri Betawi kepada sukabumiupdate.com.

Dokter Tri menjelaskan hari pertama target 350 dosis dan hari kedua juga sejumlah itu. Lansia menjadi sasaran utama vaksinasi covid-19 termasuk di Kota Sukabumi, selain juga masyarakat umum. 

"Ya rata-rata selain alasan mempertanyakan urgensi vaksin untuk mereka, faktor transportasi juga masalah untuk lansia selama ini. Makanya kita mendekatkan spot yang belum banyak divaksin. Ternyata hari ini cukup banyak lansia yang datang untuk divaksin," beber Tri.

Data yang diterima Tri, capaian vaksinasi di Kelurahan Karamat didorong untuk percepatan, karena masih ada 3 ribu warga yang belum divaksin covid-19. "Tim yang bertugas ada 15 orang, dengan satu vaksinator." 

Data Dinas Kesehatan Kota Sukabumi terbaru, capaian vaksinasi covid-19 dosis pertama sudah mencapai 68,7 persen atau 185.341 warga. Dosis kedua baru 33,8 persen atau 91.224 orang. Dari angka tersebut capaian untuk dosis pertama lansia mencapai 44,0 persen atau baru 11.986 orang dan dosis kedua baru 24,9 persen atau 6.782 orang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi03 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Disini Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Disini Kualifikasinya!(Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Sukabumi03 Mei 2024, 14:50 WIB

Rotary Club Berikan Donasi Rp 100 Juta untuk Penyintas Tanah Longsor di Cibadak Sukabumi

Rotary Club International ikut memberikan bantuan kepada para penyintas bencana tanah longsor di Kampung Cibatu Hilir, RT 01 RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi
Rotary Club International memberikan bantuan kepada korban longsor Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel03 Mei 2024, 14:25 WIB

Menikmati Lukisan Alam: Meronanya Sunset di Pantai Minajaya Sukabumi

Salah satu daya tariknya adalah hamparan batu karang yang unik dan ombak yang relatif tenang, ditambah saat cuaca bagus menjadi lukisan alam yang indah dengan sunset yang merona.
Sunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Sumber: istimewa/kang baban)
Bola03 Mei 2024, 14:15 WIB

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024 di Laga Play-off

Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.
Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. (Sumber : X/@jokowi).
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)