Light Dark

Sejumlah Traffic Light di Kota Sukabumi Padam, Dishub: Sudah Berusia Tua

Sukabumi | 21 Oct 2021, 21:08 WIB
Traffic light yang berada di persimpangan Jalan RE Martadinata dekat Tugu Adipura diketahui padam pada Kamis siang 21 Oktober 2021. Gambar diambil sekira pukul 14.00 WIB. | Riza

SUKABUMIUPDATE.com - Jumlah traffic light di seluruh ruas jalan yang ada di wilayah Kota Sukabumi sebanyak tujuh unit. Hanya saja akhir-akhir ini lampu-lampu lalulintas tersebut sering mengalami kerusakan atau error.

Diantaranya traffic light yang ada di Jalan Veteran dan Jalan Surya Kencana. Sudah dua hari terakhir ini traffic light di kedua ruas jalan tersebut mati total.

Baca Juga :

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Abdul Rachman mengakui adanya traffic light yang mati. Untuk menghindari kesemrawutan arus lalu lintas, kedua traffic light itu terpaksa di flashing.

"Sementara di flashing atau berkedip kuning dulu, dan kita membuat rekayasa lalulintas," Ujarnya saat dihubungi Sukabumiupdate.com, Kamis (21/10/2021).

photoTraffic light atau lampu pengatur lalulintas di Kota Sukabumi sering mengalami error, bahkan rusak. - (Riza)

Dikatakannya biaya untuk perawatan traffic light selama satu tahun hanya dianggarkan sebesar Rp90 juta. Jumlah ini relatif tidak sebanding dengan tingkat kebutuhan perawatan.

"Pasti tidak cukup, belum lagi anggaran sebesar itu dipotong pajak. Sementara traffic light di wilayah Kota Sukabumi ini rata-rata usianya sudah 10 tahunan jadi pasti sering mengalami gangguan atau error. Solusinya harus di ganti," katanya.

Baca Juga :

Sementara perawatan yang selama ini dilakukan oleh dinas perhubungan menggunakan cara yang sangat terbatas demi meminimalisir pembelian komponen.

"Harga komponennya sendiri sudah ratusan juta dan susah dicarinya, kita akan usulkan untuk diturunkan anggarannya. Mudah-mudahan di tahun anggaran 2022 nanti seluruh traffic light bisa diganti oleh yang baru sesuai dengan teknologi terkini," harapnya.

Image

Riza

Reporter

Image

Toni Kamajaya

Redaktur