Light Dark

Bangun Jabar Selatan, Bupati Sukabumi Beberkan Potensi Agro dan Pariwisata

Jawa Barat | 21 Oct 2021, 18:04 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami menandatangan kesepakatan tentang pengembangan kawasan Jabar Selatan, termasuk Sukabumi dengan potensi unggulan agro dan pariwisata. | Dokpim

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami menandatangani nota kesepakatan bersama signing session tentang pengembangan kawasan Jawa Barat atau Jabar Selatan, Kamis (21/10/2021). Untuk wilayah Selatan Sukabumi terdapat potensi unggulan yakni Agro dan pariwisata.  

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan dalam gelaran acara West Java Investment Summit (WJIS) 2021 yang berlangsung di Hotel Savoy Homann, Jl. Asia Afrika Bandung.

Baca Juga :

WJIS merupakan agenda promosi investasi tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Tujuannya sebagai ajang mempromosikan project ready to offer di Jawa Barat kepada para investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Langkah ini untuk menarik minat para investor agar berinvestasi di Jawa Barat.

Penyelenggaraan WJIS tahun ini bertajuk “Navigating Post – Covid World: Investment Growth for Resilient West Java”. Tema ini dipilih sebagai bentuk ketangguhan Jawa Barat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sementara itu Bupati Sukabumi Marwan Hamami berharap dapat memproyeksikan rencana pembangunan sekaligus mengakses potensi yang ada sehingga dapat memajukan perekonomian masyarakat.

photoBupati Sukabumi Marwan Hamami menandatangan kesepakatan tentang pengembangan kawasan Jabar Selatan. - (Dokpim)

"Pembangunan wilayah Selatan lebih pada potensi Agro dan pariwisata. Mudah mudahan upaya ini bisa mendongkrak pertumbuhan wilayah Sukabumi Selatan dan Jabar Selatan. Dampak akhirnya adalah kesejahteraan masyarakat." beber Marwan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pemprov telah mengalokasikan anggaran hingga Rp157 triliun untuk membiayai pembangunan Jabar Selatan.

Baca Juga :

Anggaran tersebut terbagi dalam 81 program infrastruktur dan lainnya yang disiapkan pemerintah pusat dan provinsi Jawa Barat. Keputusan ini resmi, karena sudah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2021.

"157 Triliun dalam 81 program infrastruktur dll disiapkan pemerintah pusat dan provinsi untuk kesetaraan dan lompatan Jabar Selatan. Keputusan ini resmi tertuang dalam Perpres 87 tahun 2021." tulis Ridwan Kamil dalam postingan media sosialnya, Kamis (21/10/2021).

Dalam perpres tersebut terdapat enam kabupaten yang masuk sebagai wilayah pembangunan Jabar Selatan, "Mari bersemangat untuk warga Kab Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran," ungkapnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Toni Kamajaya

Redaktur