Light Dark

Seniman di Sukabumi Lukis Wajah Jokowi Dengan Jelaga, Hasilnya Begini!

Inspirasi | 18 Oct 2021, 19:40 WIB
Seniman Sukabumi, N Suryana coba lukis wajah Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi dengan jelaga asap lampu minyak atau centir. | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Melukis dengan jelaga terus ditekuni oleh N Suryana, seniman warga Kampung Selajambu RT 04/01 Desa Sasagaran Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Terbaru, N Suryana coba lukis wajah Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi dengan jelaga asap lampu minyak atau centir.

Ia baru menekuni konsep melukis ini sejak 5 bulan lalu. "Saya belajar melukis dari SMP di Kebonpedes oleh guru kesenian waktu itu. Untuk jelaga terinspirasi dari pelukis Steven Spazuk warga negara Prancis. Saya berdiskusi dengannya lewat sosial media dan akhirnya coba sendiri, sempat beberapa kali gagal namun pantang menyerah," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (18/10/2021). 

Baca Juga :

Tantangannya memang cukup rumit dibanding melukis dengan pensil atau alat lukis biasa. Untuk lukisan sketsa wajah, perlu waktu satu hari. Pertama lanjut Suryana, buat sketsa pada media kertas pakai pensil lalu gunakan lampu minyak untuk mengambil asap jelaga supaya menempel pada kertas tersebut. 

"Setelah itu jelaga yang menempel pada kertas di lukis dengan kuas, jarum atau bulu ayam. Sesuai kebutuhan gambar yang dilukis lalu finishing di clear menggunakan pernis untuk menahan jelaga tersebut dari air dan suhu," tuturnya. 

photoSuryana pamer hasil lukis jelaga wajah Presiden Jokowi - (istimewa)

Adapun potret atau lukis wajah tokoh dengan asap jelaga dari lampu minyak karya Suryana baru Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo. "Baru dua tokoh, itu bukan pesanan keinginan sendiri saja. Selain melukis dua tokoh tersebut ada juga lukisan hewan dan lukisan potret teman-teman." 

Suryana berharap lukisan dari jelaga tersebut dapat berkembang di Indonesia. "Mudah-mudahan karya seni ini bisa diterima masyarakat Indonesia agar saya lebih berkembang lagi," jelasnya.

Image

Riza

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur