Gunung Muchu Chhish Kurang Populer Tapi Paling Sulit Didaki

Minggu 17 Oktober 2021, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung yang satu ini sepertinya belum terlalu populer. Namanya Gunung Muchu Chhish. Meski kalah pamor oleh Gunung Everest, tapi nyatanya Muchu Chhish merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia yang dianggap tersulit didaki.

Gunung Muchu Chhish memiliki ketinggian 7.453 meter dari permukaan laut. Reinhold Messner, salah seorang pendaki gunung, menyebut Muchu Chhish sebagai gunung yang paling sulit didaki.

Baca Juga :

Gunung Everest menjadi yang tertinggi sampai tahun 1952 ketika Himalaya sebagai pegunungan tertinggi di dunia akhirnya berhasil dicapai para pendaki.

Melansir dari Tempo, setelah Everest, gunung tertinggi kedua yakni K2. Berhasil didaki sampai ke puncak terjadi pada 1954. 

Sementara gunung tertinggi yang ketiga adalah Kanchenjunga, berhasil dicapai pada 1955. Berikutnya adalah Gunung Lhotse, yang juga akhirnya berhasil didaki pada 1956 dan seterusnya.

Menurut Direktur American Alpine Institute Executive Jason Martin, Gunung Muchu Chhish memang belum terkenal. Banyak pendaki yang belum mengenal keberadaan gunung yang berada di wilayah negara Pakistan ini. 

photoGunung Muchu Chhish - (Tangkapan layar YouTube/Explore The World)</span

“Saya rasa, tantangan terbesar dari mendaki gunung saat ini adalah ketika Anda justru berhasil mendaki gunung yang tidak banyak diketahui orang," ungkap Martin.

"Artinya, belum ada seorang pun yang pernah mencapai puncak gunung tersebut. Meskipun tantangannya adalah, Anda kekurangan informasi mendakinya,” lanjutnya.

Gunung Muchi Chhish ini tersembunyi pada wilayah Barat Karakoram di Dinding Batura. Gunung tinggi lain di Asia setinggi 7.570 mdpl yakni Gunung Gangkhar Puensum, yang juga tercatat salah satu tertinggi ini belum pernah didaki sampai sekarang. Gunung ini berlokasi di Bhutan.

Salah satu pendaki Muchu Chhish pada Agustus 2014, Phil de-Beger menjelaskan, di Muchu Chhish sendiri masih ada beberapa gunung lain yang belum tersentuh. 

Baca Juga :

Kelebihannya, Gunung Muchu Chhish memang adalah yang paling tinggi yang tersisa. “Ada beberapa gunung tertinggi di dunia, dan di Karakoram ini salah satunya yang sangat menantang," kata Phil.

Menurut Phil, saat mendaki ke Gunung Muchi Chhish rasanya seperti mendaki di gunung-gunung lain. Perbedaannya, gunung ini memberi kesan karena belum ada yang mendaki sebelumnya.

Oleh sebab itu yang menjadi keunikan adalah ketika pendaki harus berhadapan dengan kondisi yang serba di luar ekspektasi dan kurangnya informasi. “Oleh sebab itu, 80 persen kesuksesan dari pendakian di gunung ini dikarenakan adanya keberuntungan,” kata Phil.

Sumber : Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola24 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi Liga 1 Persik Kediri vs PSS Sleman: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri.
Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri. (Sumber : X/@PSSleman/@persikfckediri).
Life24 April 2024, 15:30 WIB

6 Bahaya Kebiasaan Mengeluh yang Mengancam Kesehatan, Bisa Berumur Pendek!

Kebiasaan mengeluh rupanya sangat tidak baik bagi kesehatan. Itu sebabnya setiap orang perlu menghindari kebiasaan demikian demi kesehatannya.
Ilustrasi. Bahaya kebiasaan mengeluh untuk kesehatan. Sumber Foto : Pexels/David Garrison
Nasional24 April 2024, 15:14 WIB

Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

Dapat nilai baik oleh Kemendagri dalam SPM Awards 2024, Sekda Ade sebut Pemkab Sukabumi berkomitmen tingkatkan kualitas penyelenggaraan SPM.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman (tengah) menghadiri Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Inspirasi24 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 14:56 WIB

BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Salah satu inovasi yang ditampilkan Pemkot Sukabumi adalah One Roof.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 April 2024, 14:45 WIB

Pidato Perdana Prabowo Usai Resmi Ditetapkan jadi Presiden Terpilih 2024-2029

Berikut isi pidato perdana Prabowo Subianto setelah resmi ditetapkan jadi Presiden Indonesia terpilih 2024-2029.
Didampingi Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo