Light Dark

FKDB Serahkan 2 Ekor Sapi Bakalan ke Peternak di Cicantayan Sukabumi

Inspirasi | 16 Oct 2021, 18:20 WIB
Forum Komunikasi Doa Bangsa atau FKDB merealisasikan kembali program prioritas bidang peternakan, yaitu ekosistem paroan. 2 ekor bakalan sapi betina diserahkan kepada peternak di di Kampung Cikareo RT 004 RW 005, Desa Sukadamai, Kecamatan Cicantayan, Kab | dok FKDB

SUKABUMIUPDATE.com - Forum Komunikasi Doa Bangsa atau FKDB merealisasikan kembali program prioritas bidang peternakan, yaitu ekosistem paroan. 2 ekor bakalan sapi betina diserahkan kepada peternak di di Kampung Cikareo RT 004 RW 005, Desa Sukadamai, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu 16 Oktober 2021.

Para peternak yang beruntung tersebut yakni Unang Daenuri dan Dayat. Bakalan sapi betina yang diserahkan oleh FKDB hari ini kepada mereka yaitu berjenis limosin dan simental. 

Sebelumnya pada tanggal 9 Oktober 2021, FKDB juga melaksanakan program paroan dengan menyerahkan 4 ekor sapi kepada warga di Kampung Cipereu RT 003 RW 009 Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. 

Dengan begitu, total ada 12 ekor sapi yang sudah diparo FKDB kepada warga (6 orang pemaro warga sekitar) sejak 22 agustus 2021. Selain sapi, FKDB juga pada 12 Oktober 2021 menyerahkan 4 ekor domba kepada peternak di Kampung Cipicung, Desa Tenjolaut, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi.

photoFKDB kembali serahkan sapi bakalan untuk program pemberdayaan warga Sukabumi, kali ini di Cicantayan - (dok FKDB)

Untuk diketahui, program ekosistem paroan adalah program kerakyatan yang diusung oleh FKDB untuk membantu mensejahterakan dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga atau masyarakat yang ingin maparo atau terlibat dengan program ini.

"Jadi pihak FKDB menyediakan sapi dan domba, untuk selanjutnya di budidayakan oleh warga yang mau maparo," kata Eva Ruswanti selaku Departemen Ekonomi bagian Monitoring dan Evaluasi FKDB.

Baca Juga :

Sementara itu Ketua Umum FKDB Ayep Zaki menjelaskan bahwa program ini adalah bentuk keseriusan pihaknya dalam membangun ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan masyarakat.  "Sebagai upaya mewujudkan ekonomi yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.  

 "Semoga FKDB terus komitmen membangun ekosistem paroan sehingga membantu masyarakat membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan perekonomian," pungkas Ayep Zaki.

Image

Denis Febrian

Redaktur

Image

Fit NW

Redaktur