Light Dark

Mengefektifkan Fungsi Komite Sekolah, Wabup Sukabumi: Harus Sesuai MBS

Sukabumi | 16 Oct 2021, 17:20 WIB
Wabup Sukabumi Iyos Somantri saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas pengurus komite sekolah wilayah 1 dan 6 | dokumentasi pimpinan Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - 80 Pengurus Komite Sekolah SD dan SMP se wilayah 1 dan 6  mengikuti pembinaan peningkatan kapasitas oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Upgrade pengetahuan dan informasi penting, karena saat ini pendidikan mengalami perubahan konsep yang cukup drastis, karena pandemi covid-19.

Ketua Dewan Pendidikan, Dadang Sidik, pembinaan itu bertujuan meningkatkan kapasitas pengurus komite Sekolah. Pembinaan berlangsung di Gedung Prinanda Palabuhanratu pada Sabtu (16/10/2021) dan dibuka oleh Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. 

"Kegiatan ini adalah layanan peningkatan mutu pendidikan di masa pandemi yang merupakan salah satu tugas dan Fungsi Dewan Pendidikan demi mewujudkan pendidikan yang lebih baik," jelasnya Dadang dikutip dari akun resmi Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Dalam kesempatan ini, Wabup Iyos Somantri menyebutkan Komite Sekolah merupakan badan yang bersifat mandiri, tidak mempunyai hubungan hirarkis dengan sekolah maupun lembaga pemerintah lainnya.

photoPengurus komite sekolah wilayah 1 dan 6 ikut pelatihan Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi - (dokumentasi pimpinan Kabupaten Sukabumi)

"Komite sekolah dan lembaga pendidikan memiliki kemandirian masing-masing, tetapi tetap sebagai mitra yang harus bersinergi sejalan dengan konsep manajemen berbasis sekolah atau MBS," paparnya.

Baca Juga :

Wabup berharap peserta dapat menjadikan pembinaan ini sebagai ajang meningkatkan kapasitas diri dan menguatkan kemampuan dalam menjembatani sekolah, pemerhati pendidikan, pemerintah dan masyarakat.

"Diharapkan Komite Sekolah dapat menjalankan peran dan fungsi dengan lebih baik lagi. Mampu berkontribusi mulai dari perencanaan, penyusunan anggaran dan pengawasan terhadap jalannya penyelenggaraan pendidikan di sekolah," pungkas Wabup.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur