Light Dark

Berminat? Berikut 6 Sekolah Khusus Olahraga yang Ada di Indonesia

Nasional | 04 Oct 2021, 11:26 WIB
(Foto Ilustrasi) Berikut beberapa sekolah olahraga di Indonesia. | Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak atlet berbakat di berbagai cabang olahraga. Sebut saja pasangan ganda putri Greysia Polli dan Apriyani Rahayu yang berhasil membawa mendali emas pada olimpiade Tokyo 2020. Guna mendorong kemajuan tersebut, ternyata terdapat Sekolah khusus Olahraga di Indonesia, berikut beberapa di antaranya:

1. SMA Negeri Olahraga Riau

Sekolah ini memiliki tujuan memajukan Olahraga dengan mencetak putra dan putri Riau menjadi atlet handal. Untuk bisa bersekolah di sini, calon siswa lebih dulu diseleksi.

2. SMA Negeri 9 Tunas Bangsa Banda Aceh (SMA Olahraga Aceh)

Sekolah yang berada di Aceh ini memiliki visi "Menciptakan olahragawan yang unggul, cerdas, sportif berlandaskan iman dan takwa." Sedang misinya meliputi: meningkatkan mutu akademis dan prestasi atlit, melaksanakan pembinaan atlit secara continue dan berjenjang, mengembangkan cabang-cabang Olahraga unggulan, menjalin kerjasama dengan instansi terkait dalam peningkatan mutu pendidikan dan olahraga, serta menyelenggarakan olimpiade Olahraga dalam rangka mencari bibit-bibit unggul.

Saat ini, di SMA Olahraga Aceh terdapat sembilan cabang Olahraga untuk ditekuni, meliputi atletik, sepak bola, pencak silat, karate, taekwondo, voli, basket, kempo, dan bulu tangkis.

photoGreysia Polii dan Apriyani Rahayu. - (Instagram/janegranular)

3. Sekolah Khusus Olahraga (SKOI) Kalimantan Timur

SKOI merupakan Sekolah olahraga yang melakukan pembinaan dan pembelajaran pada siswa yang ingin menjadi atlet. Proses perekturan siswa dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga setempa, dengan mencari bibit unggul dari 14 kabupaten atau kota.

4. UPT SMA Olahraga Jawa Timur

UPT SMANOR Jatim merupakan satu-satung SMA Negeri di Jawa Timur yang melaksanakan proses belajar mengajar sesuai kurikulum SMA regular, sekaligus mendidik dan melatih siswa dengan bakat khusus di bidang olahraga.

Selain itu, siswa yang berhasil lulus di UPT SMANOR menerima keistimewaan berupa: uang saku setiap bulan, seragam Sekolah lengkap, seragam Olahraga lengkap, asrama tinggal, dan makan atau konsumsi standart TC.

Cabang Olahraga yang bisa ditekuni di UPT SMANOR Jatim meliputi atletik, judo, gulat, renang, selam, pencak silat, sepak takraw, karate, panjat tebing, dan voli pantai.

5. SMA Olahraga Ragunan Jakarta

SMA Olahraga Ragunan Jakarta diresmikan pada 15 Januari 1977 di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sekolah Olahraga Ragunan ini memiliki visi menghasilkan anak bangsa yang unggul dalam prestasi Olahraga dan akademik berdasarkan takwa dan keimanan. Beberapa atlet kenamaan Indonesia bahkan jebolan Sekolah ini, meliputi Susi Susanti, Yuyuk Basuki, Frederika Girsang, dan beberapa lainnya.

Sejumlah cabang yang dapat ditekuni di SMA Olahraga Ragunan Jakarta meliputi atletik, angkat besi, taekwondo, renang, basket, bola voli, senam, sepatu roda, anggar, tinju, bulu tangkis, tenis, loncat indah, penak silat, gulat, judo, squash, dan sepak bola.

6. SMP-SMA Olahraga Negeri Sriwijaya

SMP dan SMA Olahraga Negeri Sriwijaya sudah berdiri sejak 20 Juli 2005, terletak di Jalan Maluku V, Kompleks Ogan Permata Indah Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Sekolah ini menerapkan sistem pembelajaran regular dan latihan khusus untuk mengasah kemampuan berolahraga siswa.

SUMBER: TEMPO/DELFI ANA HARAHAP

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur