Light Dark

Pilih Larva Lele, Cara BUMDes Caringin Wetan Sukabumi Bantu Ekonomi Warga

Inspirasi | 13 Oct 2021, 19:30 WIB
Kolam budidaya benih lele, mitra BUMDes Caringin Wetan Sukabumi | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk memberdayakan ekonomi warga, khususnya petani dan peternak, BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Caringin Wetan memilih usaha ikan lele. BUMDes jadi agen jual beli larva atau benih lele dari para peternak lokal rakyat ada di Sukabumi.

Kolam-kolam lele yang dikelolah oleh para pemuda ini berada di kampung Undrus RT 03/01, Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Pelatihan budidaya juga menjadi program BUMDes Caringin Wetan agar masyarakat berdaya dan memiliki pengetahuan soal usaha peternakan, khususnya lele.

Baca Juga :

Ketua BUMDes Caringin Wetan, Eko Sumawinata mengatakan usaha bersama yang dikelola BUMDes ini bertujuan membantu petani dan peternak di Sukabumi. "Kita jual beli, jadi jangan sampai masyarakat yang budidaya lele di Sukabumi terbengkalai. Kita beli, benihnya dari petani lokal," ujarnya, Rabu (13/10/2021). 

Lanjut kata Eko, teknisnya mengambil larva lele hingga membesarkannya ukuran 7 centimeter. Dari sana akan diambil oleh BUMDes dan dikirim ke peternak di sejumlah daerah. 

photoBUMDes Caringin Wetan Sukabumi pilih usaha larva lele atau pembibitan untuk bantu peternak lokal - (istimewa)

"Tidak ada pembesaran, jadi kita fokus meraih petani lokal untuk pembibitan. Permintaan banyak dan terus terang kita kewalahan," sambungnya. 

Dengan peluas pasar tinggi dan budidaya relatif murah serta tidak terlalu repok, Eko berharap adanya bantuan untuk mengembangkan usaha pembibitan lele. "Harapannya ada perluasan lahan. Kita masih kurang modal untuk pembibitan, pembelian  terpal dan lain-lainnya, ya mudah-mudahan pemerintah daerah atau pusat bisa membantu BUMDes untuk pemberdayaan petani bibit lele ini," pungkasnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur