Light Dark

Menahan Bersin Ternyata Sangat Berbahaya, Resikonya Bikin Ngeri!

Sehat | 11 Oct 2021, 06:00 WIB
Menahan bersin bisa menimbulkan kerusakan pada tubuh, salah satunya pecahnya gendang telinga. | Benzolk/Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Jangan pernah menahan untuk bersin, sebab hal itu bisa beresiko menimbulkan kerusakan atau penderitaan tubuh.

Selama pandemi ini, setiap orang tidak berani bersin di depan umum. Takut dianggap tertular Covid-19. Akhirnya terpaksa harus menahan agar tidak bersin.

Baca Juga :

Dalam situasi kaku, seperti di lingkungan kerja atau saat berhadapan atasan, menahan bersin menjadi pilihan terbaik, ketimbang haus menanggung malu.

Melansir dari Healtshot, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam laporan kasus British Medical Journal menunjukkan kerusakan yang dapat ditimbulkan karena menahan bersin.

Bersin menghasilkan tekanan yang signifikan dan ketika kamu menahannya, maka tekanan itu akan berbalik dan dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga, iritasi tenggorokan, dan bahkan dalam kasus yang parah, pecahnya pembuluh darah di mata atau otak.

Efek samping lainnya yang ditimbulkan jika Kamu terus mencoba menahan bersin.

photoIlustrasi bersin - (Pixabay)

1. Gendang telinga pecah

Menahan bersin dapat mempengaruhi pendengaran kamu karena bagian tengah dan bagian dalam telinga mengalami kerusakan akibat tekanan pada saat saat menahan bersin.

2. Infeksi

Kamu tidak boleh menghindari bersin, terutama jika kamu sedang pilek, maka bersin sangat dibutuhkan untuk mengeluarkan cairan hidung berwarna kuning dari tubuh.

3. Tulang rusuk patah

“Ketika Anda menahan bersin, udara bertekanan tinggi dipaksa masuk ke paru-paru dengan banyak kekuatan, dan ini dapat menyebabkan tulang rusuk Anda patah,” kata dr Prit

Image

Admin SUpdate

Image

Toni Kamajaya

Redaktur