Percepat Pemulihan Ekonomi dengan Literasi, Indeks Baca Warga Jabar Naik

Rabu 06 Oktober 2021, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk menpercepat peningkatan indeks baca warga Jawa Barat, sejumlah kegiatan dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah atau Dispusipda. Hari ini bersama Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, merilis Gebyar Perpustakaan Keliling di Majalengka, Rabu (6/10/2021). 

Program ini merupakan implementasi dari Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dengan mengusung tema Literasi untuk Majalengka Raharja dan Jawa Barat Juara Lahir Batin. Dalam laporannya, Kepala Dispusipda Jabar, Ahmad Hadadi, menjelaskan tujuan dari program ini adalah membangun masyarakat Jawa Barat lebih literat, indeks membaca meningkat, serta agar masyarakat menjadi SDM unggulan. 

Untuk mencapainya, Pemprov Jabar melalui Dispusipda Jabar terus melakukan sosialisasi agar masyarakat lebih meningkat dalam kegemaran membaca. Upaya yang dilakukan diantaranya melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan seperti koleksi bahan bacaan, meningkatkan partisipasi ASN agar menyumbangkan buku yang aktual dan relevan bagi masyarakat dan juga peningkatan akreditasi Lembaga Perpustakaan. 

“Saat ini masih di bawah 5 persen  lembaga-lembaga perpustakaan yang terakreditasi di Jawa Barat,” ungkap Hadadi kepada awak media.

photoDinas Perpustakaan dan Arsip Daerah atau Dispusipda, bersama Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dalam acara Gebyar Perpustakaan Keliling di Majalengka, Rabu (6/10/2021). - (dok Dispusipda Jabar)</span

Selain itu, Dispusipda Jabar terus berusaha menghadirkan perpustakaan di seluruh pelosok Jawa Barat serta pojok baca dan juga taman bacaan. Menyambut era revolusi industri 4.0, sosialisasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial terus dikebut. 

Hal ini tidak hanya menjadikan perpustakaan hanya sebagai penyimpan dan tempat membaca buku, lanjut Hadadi namun sebagai pusat latihan dan pertemuan para stakeholder. "Yakni pemustaka, pustakawan dan praktisi dalam peran Pemulihan Ekonomi Daerah (PED) yang kini sedang berjalan."

Baca Juga :

Jabar Punya Candil, Vaksin dan Inovasi Jadi Syarat Pemulihan Ekonomi

Bersamaan dengan upaya Dispusipda Jabar dalam meningkatkan minat baca masyarakat, Bupati Majalengka, Karna Sobahi, menyampaikan bahwa di Desa Maja, terdapat Ruang Perpustakaan khusus bagi masyarakat dan juga memiliki Layanan Perpustakaan Keliling. Selain itu, untuk pengembangan perpustakaan digital, Kabupaten Majalengka juga bekerja sama dengan UIN Bandung dan membangun kompetisi l, terdapat kegiatan Festival Literasi.

Dalam sambutannya, Uu Ruzhanul Ulum, selaku Wakil Gubernur Jawa Barat menyampaikan berbagai inovasi dan kolaborasi ini akan berdampak pada pelayanan bagi masyarakat yang lebih prima. Beliau berkata, “Pemprov Jabar kini memiliki inovasi dengan harapan dan keinginan para pemimpin di daerah sesuai dengan levelnya masing-masing, melakukan inovasi ke arah yang lebih baik untuk melayani masyarakat lebih prima.”

photocontens ini dipersembahkan oleh Dispusipda Jawa Barat - (Dispusipda Jawa Barat)</span

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik