Light Dark

Jembatan Gantung Cibule Reot dan Rapuh, Penghubung Dua Kecamatan di Sukabumi

Sukabumi | 30 Sep 2021, 13:00 WIB
Jembatan Cibule di atas sungai Cimandiri akses penting warga sejumlah kampung di Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi | RIZA

SUKABUMIUPDATE.com - Tak hanya di wilayah selatan (Pajampangan), Jembatan dengan kondisi mengkhawatirkan juga ada di utara, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Jembatan gantung Cibule, penghubung dua desa di Kecamatan Cireunghas dan Gegerbitung yang reot dan rapuh namun penting bagi warga.

Bagi warga Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung ini keberadaan Jembatan sepanjang 15 meter ini sangat penting karena merupakan akses tercepat menuju pusat kota Sukabumi. Namun saat ini warga harus ekstra hati-hati karena kondisi Jembatan yang membentang di atas Sungai Cimandiri ini sudah banyak yang rusak.

Jembatan Cibule merupakan Jembatan penghubung dua desa, yaitu Caringin di Kecamatan Gegerbitung, dan Bencoy di Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. Kayu badan Jembatan sudah lapuk dan banyak yang bolong, demikian pula dengan besi dan slink penyangga Jembatan, berkarat.

Jaya (28 tahun) warga setempat mengatakan Jembatan tersebut itu sudah berulang kali diperbaiki. "Baru seminggu yang lalu, warga disini memperbaikinya karena keberadaan Jembatan tersebut sangat penting," ujarnya kepada sukabumiupdate.com Kamis (30/9/2021). 

photoWarga melintasi Jembatan Cibule yang merupakan akses penting warga di Kecamatan Gegerbitung Sukabumi - (RIZA)

Namun perbaikan yang dilakukan oleh warga hanya bersifat tambal sulam. Tidak membuat Jembatan tersebut menjadi lebih kuat, "Warga disini menginginkan Jembatan gantung tersebut segera diperbaiki total." 

"Sebab Jembatan tersebut sebagai akses perekonomian juga pendidikan, ada dua kampung yaitu Kampung Cibule dan Kampung Tegalranji yang sangat bergantung pada Jembatan ini yaitu untuk berangkat kerja maupun yang sekolah," tuturnya. 

Baca Juga :

Jaya lalu bercerita jika hujan atau saat arus sungai deras, warga harus menunda dulu aktivitas melintasi Jembatan ini. Selain licin, dikhawatirkan Jembatan ambruk karena pondasinya tergerus luapan sungai Cimandiri.

Upaya terus dilakukan, salah satunya penggalangan dana online dengan jangkauan lebih luas dengan bantuan program gelombang wakaf.

Image

Riza

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur