Light Dark

BMKG Ingatkan Gelombang hingga 5 Meter di Perairan Selatan Jabar

Science | 19 Sep 2021, 11:34 WIB
Gelombang tinggi di Pantai Citepus Istiqomah Kabupaten Sukabumi saat naik ke bibir pantai, Sabtu, 21 Agustus 2021. | Sukabumiupdate.com/Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprakirakan Gelombang setinggi 4 hingga 5 meter akan terjadi di perairan selatan Jawa Barat pada Ahad, 19 September 2021. Itu diunggah BMKG Bandung di akun Facebook resminya.

BMKG juga memprakirakan Gelombang serupa akan terjadi pada Senin, 20 September 2021. Gelombang di perairan selatan Jawa Barat pada Senin besok dipredikasi mencapai 3 hingga 5 meter. Prakiraan ini semakin patut diwaspadai sebab pada Ahad ini pun terjadi gempa di zona Megathrust.

BMKG menyatakan gempa tersebut terjadi pada pukul 06:38:52 WIB dengan kekuatan magnitudo 4.8. Episenter gempa terletak pada koordinat 7.47 Lintang Selatan dan 106.78 Bujur Timur, tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 59 kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada kedalaman sekira 42 kilometer.

photoPeta prakiraan ketinggian gelombang di perairan selatan Jawa Barat pada Ahad, 19 September 2021. - (BMKG)

Baca Juga :

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi (Megathrust) di selatan Pulau Jawa, di mana lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

Dampak yang digambarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cisurupan, Cikajang, Ciamis, Pagandaran, Karangnunggal, Ciherang, Pangalengan, Gardu, dan Cihurip, dengan Skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur