Light Dark

12 Tahun Seberangi Sungai, Warga Tenjolaut Sukabumi Kini Lewat Jembatan

Sukabumi | 18 Sep 2021, 06:00 WIB
Dok. Aksi bertaruh nyawa seberangi sungai Cikidang. Kini warga Tenjolaut dan Hegarmulya di Cidadap Sukabumi punya jembatan gantung | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah kurang lebih 12 tahun bertaruh nyawa melintasi derasnya sungai Cikidang, kini warga Tenjolaut di Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat punya Jembatan gantung. JQC atau Jabar Quick Respon hari Jumat, 17 September 2021 secara simbolis menyerahkan Jembatan gantung ini  kepada Pemerintah Desa Tenjolaut dan Hegarmulya.

"Pengerjaan sudah mencapai 90 persen, hanya tinggal pengecatan saja.  Tadi secara simbolis sudah serah terima dari Jabar Quick Response kepada kami disaksikan tim Vertical Rescue Indonesia," kata Kepala Desa Tenjolaut, Soleh kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga :

Jembatan gantung sepanjang 75 meter ini melintang di atas aliran Sungai Cikidang, penghubung Tenjolaut dan Hegarmulya. Jembatan ini akan menggantikan aksi-aksi nekat melintasi derasnya Sungai Cikidang yang selama ini dijalani warga karena merupakan akses terdekat menuju  pusat pemerintah Kecamatan Cidolog. 

Jarak dari Desa Tenjolaut ke Desa Hegarmulya sekitar 3 kilometer, sedangkan ke kantor Kecamatan Cidadap sekitar 15 kilometer.  Warga Desa Tenjolaut , serta Desa Hegarmulya sangat membutuhkan akses Jembatan tersebut, untuk pertanian, sosial dan pendidikan, kesehatan dan lainnya.

photoJabar Quick Respon bersama tim Vertical Rescue Indonesia hari Jumat, 17 September 2021 secara simbolis menyerahkan jembatan gantung ini kepada Pemerintah Desa Tenjolaut dan Hegarmulya. - (istimewa)

"Tanggapan sangat sangat positif. Mereka  sangat bersyukur, karena kendala banjir yang membuat sungai tidak bisa disebrangi dan sering menghambat aktivitas teratasi dengan adanya Jembatan gantung," terangnya.

Baca Juga :

Kepala Desa Hegarmulya, Rosidin menambahkan, bahwa dengan adanya Jembatan gantung ini akan memudahkan warga melakukan aktivitas, terutama disaat musim hujan dan kondisi sungai banjir. Terutama warga Desa Hegarmulya yang bertani di Desa Tenjolaut, juga ada sebagian anak - anak yang sekolah di SDN Walantara Tenjolaut. 

"Alhamdulillah, warga sangat berterima kasih atas dibangunnya Jembatan gantung tersebut," pungkasnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur