Light Dark

Wanita Perlu Tahu! Ternyata Petai Bisa Mengurangi Efek PMS

Sehat | 14 Sep 2021, 18:44 WIB
Petai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu mengurangi efek PMS | cookpad

SUKABUMIUPDATE.com - Petai atau Pete merupakan salah satu jenis sayuran yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, salah satunya masayarakat Sunda. Selain menjadi bahan tambahan masakan, Petai juga kerap dikonsumsi mentah sebagai lalapan. Ternyata Petai bisa mengurangi efek PMS, percaya?

Meski menimbulkan aroma menyengat jika mengonsumsinya, namun ternyata sayuran yang memiliki nama latin Parkia speciosa itu mengandung banyak zat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya mineral, kalium, kalsium, besi, seng, tembaga dan fosfor.

Berikut ini sejumlah manfaat Petai bagi kesehatan tubuh berdasarkan hasil penelitian seperti yang dilansir Sukabumiupdate.com dari Tempo.

1. Mengurangi Efek PMS (Pre-Menstrual Syndrome)

Mengutip laman drhealthbenefits.com, Petai dapat menstabilkan mood karena efek tripofan yang dimiliki. Kandungan vitamin B1 dalam Petai juga dapat mengatur kadar gula darah. Dengan demikian Petai dapat dijadikan sebagai obat PMS bagi wanita. Wanita sering mengalami mood yang tidak stabil tatkala memasuki masa PMS sehingga sangat disarankan mengonsumsi petai.

photoPetai sejenis sayuran yang disukai masyarakat Indonesia - (Pixabay)

2. Mengobati stres 

Petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang bisa berubah menjadi serotonin saat berada di dalam tubuh. Kandungan serotonin ini membuat badan menjadi rileks, meningkatkan mood, dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Demikian dilansir dari healthbenefitstimes.com.

Baca Juga :

3. Membantu Berhenti Merokok

Petai dapat digunakan sebagai alternatif untuk membantu mengurangi konsumsi  rokok. Sebagaimana dijelaskan laman jewelpie.com, hal ini karena kandungan vitamin B6, B12, kalium, dan magnesium dalam Petai dapat membantu tubuh mengurangi konsumsi nikotin.

4. Mengurangi tekanan darah

Sebagaimana dijelaskan laman klfoodie.com, setengah cangkir Petai mengandung 224 mg potassium yang berperan dalam kontraksi otot dan transmisi saraf. Kandungan potassium yang tinggi pada Petai ini dapat mengurangi risiko tekanan darah dan stroke.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Laporan Dr. K.W. Ng dari Institute for Medical Research, Kuala Lumpur, mengungkapkan kacang-kacangan seperti Petai mengandung proporsi asam lemak omega-3 dan omega-6 lebih baik ketimbang ikan yang baik untuk kesehatan jantung.

Image

Admin SUpdate

Image

Toni Kamajaya

Redaktur