Light Dark

Selang 6 Menit, 2 Gempa Dangkal Sore Ini di Laut Selatan Jabar Banten

Science | 14 Sep 2021, 17:50 WIB
Dua gempa dangkal berkekuatan diatas 4 magnitudo di selatan Jabar Banten Selasa petang | info gempa dunia

SUKABUMIUPDATE.com - Warga pesisir selatan Jawa Barat dan Banten, Selasa sore ini (14/9/2021) dikejutkan dengan gempa dangkal dengan kekuatan lebih dari 4 magnitudo. Hanya berselang 6 menit dari gempa di pesisir Tasikmalaya Jabar ke aktivitas tektonik di pesisir Sumur Banten.

Mengutip BMKG, hari Selasa, 14 September 2021 pukul 16:08:42 WIB, wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis menunjukkan gempabumi ini berkekuatan 4,4 magnitudo. 

Baca Juga :

Episenter terletak pada koordinat 8.11 LS dan 107.89 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 58 km BaratDaya Kabupaten Tasikmalaya Jabar pada kedalaman 16 kilometer.  

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi lempeng Indo-Australia menunjam menelusup ke bawah Lempeng Eurasia," tulis Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho dalam rilis tersebut.

photoParameter gempa dangkal di pesisir Tasikmalaya Jabar Selasa petang - (BMKG)

Gempa berdasarkan pengumpulan informasi BMKG, dirasakan  di wilayah Pamarican, Pangandaran dengan Skala Intensitas III MMI, di Cikelet Pameungpeuk, Parungponteng Kab.Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II MMI, di Banjar, Cipatujah dengan Skala Intensitas I - II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," tutup BMKG.

6 menit kemudian, BMKG juga mencatat gempa Magnitudo 4.2 pada pukul 16:14:33 WIB. Berlokasi di ok:7.13 LS - 105.47 BT (53 km BaratDaya SUMUR-BANTEN), dengan kedalaman 10 kilometer.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur