Light Dark

Warga Sukabumi Waspada! Potensi Hujan Deras, Siang hingga Jelang Malam

Science | 13 Sep 2021, 12:55 WIB
Luapan sungai Cibojong Minggur kemaren, BMKG rilis peringatan dini potensi hujan deras untuk wilayah utara dan Kota Sukabumi pada Senin (13/9/2021) | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika atau BMKG merilis potensi hujan deras disertai petir untuk sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Sukabumi, pada Senin (13/9/2021). Informasi ini bahkan masuk kategori peringatan dini, untuk waspadai bencana hidrologi dampak potensi hujan disertai angin kencang, kilat atau petir,  siang/sore  hingga jelang malam hari.

Wilayah di Jawa Barat yang masuk wilayah waspada ini, adalah Kota Depok, Kab Bogor, Kota Bogor, Kab Sukabumi, Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Purwakarta, Kab Bekasi, Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Subang, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kab Bandung, Kab Garut, Kab Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab Majalengka, Kab Kuningan, Kab Ciamis dan Kota Banjar.

Baca Juga :

Dalam website BMKG, wilayah yang berpotensi hujan deras ini meliputi sebagian besar di wilayah Utara Kabupaten Sukabumi, dan seluruh wilayah kecamatan di Kota Sukabumi. 

Sejumlah wilayah di Kabupaten yang pada hari Minggu kemarin 12 September 2021 terdampak luapan sungai Cibojong harus kembali waspada. Potensi hujan sejak siang atau sore hingga jelang malang berpotensi terjadi di Cidahu, Cicurug dan wilayah lainnya di utara Kabupaten Sukabumi hingga perbatasan Cianjur.

photoPrakiraan cuaca Cicurug Kabupaten Sukabumi, Senin 13 September 2021 - (BMKG )

Seperti diberitakan sebelumnya, Sungai Cibojong yang melintasi sejumlah desa dan kecamatan di utara Kabupaten Sukabumi meluap. Lahan pertanian dan pemukiman di pinggir sungai sempat terendam dan terdampak, khususnya di wilayah Cidahu hingga Cicurug dan Parungkuda.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi masih mendata dampak dari "amukan" sungai Cibojong tersebut. Namun dari sejumlah foto dan video yang dibagikan netizen, banyak pondok dan pemukiman di pinggir sungai Cibojong sempat terendam termasuk lahan pertanian (sawah dan kebun).

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur