Light Dark

Sungai Cibojong Meluap, Wilayah Utara Sukabumi Siaga

Sukabumi | 12 Sep 2021, 19:06 WIB
Tangkapan layar, luapan sungai Cibojong yang sempat merendam sejumlah pemukiman di wilayah DAS dan mengancam sejumlah desa di Sukabumi Utara | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sungai Cibojong yang melintasi sejumlah desa dan kecamatan di wilayah utara Kabupaten Sukabumi, Minggu petang tadi (12/9/2021) meluap. Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD menerjunkan relawan untuk memantau dampak dari luapan Sungai Cibojong yang terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan utara Sukabumi.

Sungai ini setidaknya melintasi Kecamatan Cidahu, Cicurug dan Parungkuda. Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani menegaskan bahwa dampak dari luapan Sungai Cibojong masih dipantau oleh petugas di lapangan.

Dari laporan pihak kecamatan Cidahu kepada pusdalops BPBD, meluapnya Sungai Cibojong terpantau sejak pukul 17.00 WIB, setelah kawasan hulu dilanda hujan deras. Di Cidahu sungai  Cibojong melintasi Desa Pasirdoton, Desa Cidahu, Desa Jayabakti, dan Desa Pondokkaso Tengah.

Dari sejumlah video yang dikirimkan ke BPBD terlihat luapan sempat merendam sejumlah pemukiman dan lahan pertanian warga yang berada di daerah aliran sungai atau DAS Cibojong. Pantau terkini, rendaman tak berlangsung lama sebelum Magrib terpantau debit sungai mulai berkurang walaupun masih cukup besar dan deras.

photoP2BK melaporkan luapan sungai Cibojong yang merendam lahan pertanian di Kampung Pasir Doton - (Dok BPBD Kabupaten Sukabumi)

Salah satu wilayah yang sempat terdampak adalah pemukiman dan lahan pertanian di Kampung Pasir Doton, Desa Pondokkaso Tengah Kecamatan Cidahu. Seperti laporan video P2BK Cicurug Dodi Firmansyah kepada BPBD Kabupaten Sukabumi.

"Tadi sempat naik hingga menyentuh jembatan dan merendam pemukiman warga di pinggir lahan pertanian. Saat ini sudah surut," jelas Dodi.

Baca Juga :

Dalam video tersebut, terlihat lahan pertanian masih terendam. Namun pemukiman penduduk sudah relatif aman dari amukan sungai Cibojong.

Dalam video amatir yang direkam warga, terlihat luapan air menyentuh bangunan mushola di pinggir sungai. Hingga berita ini diturunkan, BPBD masih terus mengumpulkan data dampak dari luapan Sungai Cibojong Minggu petani ini.

Image

Riza

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur