Pedagang Pasar Pelita Sukabumi Mulai Terima Kunci Kios

Sabtu 11 September 2021, 21:19 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi dan PT Fortunindo Artha Perkasa menggelar sosialisasi pembukaan Pasar Modern Pelita Kota Sukabumi di halaman Pasar Pelita, Sabtu, 11 September 2021. Dalam momen itu diserahkan kunci kios kepada beberapa pedagang pasar yang telah melakukan akad pembelian kios.

Hadir Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, perwakilan Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, Ketua Komisi II DPRD Kota Sukabumi Ivan Rusvansyah dan anggota Komisi II, serta Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada.

Selain itu, sosialisasi tersebut juga dihadiri pimpinan PT Fortunindo Artha Perkasa selaku pengembang, Hartono. Kemudian, Ketua Perkumpulan Pedagang Pasar Pelita Kota Sukabumi Zamaludin dan Ketua DPD Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia Kota Sukabumi Nandang, serta perwakilan pedagang lainnya.

''Kegiatan ini merupakan undangan PT FAP dalam rangka menyerahkan kunci kios kepada beberapa pedagang yang telah melakukan akad pembelian,'' kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Momen ini sekaligus menunjukkan warga, khususnya pedagang, antusias dengan keberadaan Pasar Pelita yang sudah terbangun.

Pedagang yang sudah akad dapat melakukan pembenahan di kios. Namun sementara, untuk berjualan belum dilakukan karena masih menunggu sertifikat layak fungsi.

photoPasar Pelita Kota Sukabumi. - (Istimewa)

Baca Juga :

Fahmi berharap sejumlah persoalan di Kota Sukabumi juga dapat dituntaskan. Antara lain pemerataan keramaian, misalnya, di mana pusat pemerintahan rencana beralih ke Cibeureum agar tidak terjadi penumpukan di Cikole. Selain itu, bertambahnya kendaraan bermotor--informasinya dalam satu bulan 1.500 kendaraan baru di lingkup Polres Sukabumi Kota, akan tetapi luas jalan tidak bertambah, harapannya mampu diurai dengan manajemen rekayasa lalu lintas.

Pasar Pelita, sambung Fahmi, dulu menjadi ikon kota dan kini harus kembali jadi ikon pusat perekonomian di wilayah Sukabumi dan sekitarnya. Harapan dan cita-cita tersebut dapat bertahap dilaksanakan dan dituntaskan satu per satu. ''Alhamdulillah bersyukur penyerahan kunci kepada pedagang mulai dilakukan. Menunjukkan mulai hari ini Pasar Pelita bisa dimanfaatkan pedagang dan sudah bisa diaktivasi oleh mereka,'' ungkap Fahmi.

Harapannya, para pedagang termotivasi untuk melaksanakan akad pembelian kios. Sebab, Pasar Pelita menopang pusat peradaban dan pusat ekonomi kota. Selanjutnya, mulai juga dilakukan penataan di kawasan sekitar Pasar Pelita. Ini menunjukkan Kota Sukabumi siap menghadapi tantangan masa depan. Dengan percepatan infrastruktur warga Sukabumi dan luar Sukabumi nyaman berada di Kota Sukabumi.

Intinya penataan harus dilakukan agar Sukabumi lebih baik dan peradaban yang akan ditinggalkan untuk generasi penerus. Ke depan, ruang komunikasi akan terus dibuka terhadap pedagang yang belum masuk oleh pengembang, agar penataan bisa dilakukan secepatnya dan pedagang bisa mengambil manfaat.

''Apresiasi kepada DPRD Kota Sukabumi yang mendorong percepatan pembangunan dengan pengawasan dan meminta pengembang mempercepat,'' kata Fahmi. Ucapan terima kasih kepada pengembang dan berbagai pihak lainnya sehingga pasar bisa dimanfaatkan.

Perwakilan pedagang dari Perkumpulan Pedagang Pasar Pelita Kota Sukabumi, Zamaludin, menyambut baik adanya penyerahan kunci kios dari pengembang ke pedagang. ''Berharap kepada pedagang lainnya agar segera memanfaatkan kios. Sebab Pasar Pelita sudah jadi dan ini sudah ditunggu-tunggu sejak lama dan harapannya Pasar Pelita Sukabumi jadi ikon Sukabumi,'' cetus dia.

Pimpinan PT Fortunindo Artha Perkasa selaku pengembang, Hartono mengatakan, kios yang sudah terjual sekitar 30 hingga 40 persen. Sehingga berharap para pedagang bisa membeli kios dengan program KUR salah satunya dengan Bank Sinarmas. Jumlah kios di Pasar Pelita Sukabumi sekira  2.700 unit. Sarana yang tersedia toilet, masjid, ruang ibu menyusui, dan lainnya.

Sumber: Website Sekretariat Daerah Kota Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

5 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 5 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist