Sekar Anom Cidolog Sukabumi Rangkul Mahasiswa Cintai Budaya

Jumat 10 September 2021, 16:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sanggar seni Sekar Anom di Kampung Selamanjah RT 02 / 01 Desa Cidolog,  Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat salah satu simpul budaya sunda yang terus bertahan hingga saat ini. Sekar Anom mengajak siapapun untuk mengenal seni sunda, termasuk mahasiswa yang tengah melakukan KKM (kuliah kerja mahasiswa).

Mulai serius digarap sejak 2000, Sekar Anom tetap konsisten pada komitmennya untuk menjaga, melestarikan dan memasyarakatkan seni budaya khususnya di kalangan anak muda. Hal ini nyata terlihat dari berbagai kegiatan yang dijalani oleh Sanggar Seni Sekar Anom, mulai dari latihan rutin, perawatan alat musik, hingga pentas dari panggung ke panggung.

Semua punggawanya memang anak muda. Mereka kompak sebagai pengisi acara hiburan hingga mengikuti berbagai perlombaan pagelaran seni sudan, membawa nama Sekar Anom Desa Cidolog.

"Kami tetap rutin latihan mengisi kejenuhan di masa pandemi covid-19," ujar Fikri selaku penanggung jawab sanggar seni Sekar Anom

Baca Juga :

Menurut Fikri, sanggar seni ini melibatkan 15 seniman, mulai dari pemain gamelan, dalang, penari, hingga sinden. Selain sunda, mereka juga menggarap lagu-lagu daerah lainnya lagu nasional hingga tembang kekinian pun turut dibawakan. 

Terbaru sanggar mereka didatangi para mahasiswa dari STISIP Widyapuri Mandiri yang tengah melakukan KKM. Para mahasiswa ini ingin belajar lebih banyak tentang kesenian musik, tari dan tembang sunda. 

"Kami terbuka, semoga para mahasiswa lebih banyak yang datang ke sini. Menjadi bagian dari penerus budaya sunda," tegasnya.

photoMahasiswa STISIP Widyapuri Mandiri yang KKM di sanggar seni Sekar Anom Cidolog Sukabumi - (istimewa)</span

Ketua Kelompok KKM, Asep Majudin menuturkan selama 3 pekan 20 mahasiswa (kuliah Kerja Mahasiswa) Stisip Widyapuri Mandiri Sukabumi dari Kelompok 10 Desa Cidolog, ikut latihan rutin di sanggar Seni Sekar Anom. "Kendati dengan waktu yang singkat, ikut latihan memainkan gamelan dan alat musiknya lainnya sangat menyenangkan," ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (10/9/2021).

Setidaknya lanjut Asep, mereka jadi tahu perjuangan Sekar Anom merawat tradisi sunda yang diturunkan dari leluhur. "Melestarikan kesenian sunda. Ini juga tugas kami mahasiswa untuk membantu dan menjaganya," ungkapnya.

Ikut berlatih di Sekar Anom bagi mahasiswa ini merupakan satu kebanggaan. "Kami mendukung penuh.  karena di zaman sekarang tidak banyak anak muda yang ikut berperan menjaga budaya sunda, " ungkap Asep.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life19 April 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Yuk Lakukan Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Ini!
Ilustrasi. Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin