Lakukan 5 Kegiatan Ini, Agar Tetap Sehat dan Bugar di Masa Tua

Sabtu 04 September 2021, 02:00 WIB
Jaga tubuh tetap sehat dengan konsumsi minuman tanpa kafein, serta berolahraga yang rutin.

Jaga tubuh tetap sehat dengan konsumsi minuman tanpa kafein, serta berolahraga yang rutin.

SUKABUMIUPDATE.com - Kegiatan yang dapat membuat Anda tetap sehat dan bugar saat usia lanjut adalah sesuatu yang diinginkan setiap orang. 

Namun belum ada yang bisa memecahkan kodenya, karena merasa itu adalah fenomena yang unik dan kompleks. Tapi mari ketahui bagaimana beberapa tips berharga dapat membantu Anda merasa segar kembali dan muda.

Melansir laman Times of India, berikut adalah lima tips penting oleh Lavleen Kaur, Co-founder dan kepala ahli diet di Diet Insight, Chandigarh, untuk membantu Anda menjaga kesehatan fisik Anda.

1. Asupan Kafein

Kafein adalah stimulan alami, ditemukan dalam teh, kopi, dan tanaman kakao. Ketika kafein dikonsumsi dalam bentuk herbal, sehat dan terkontrol, memiliki manfaat besar. Bagi yang doyan kopi bisa menikmatinya dalam bentuk kopi hitam, yang dapat bekerja sebagai pembersih hati yang sangat baik bersama dengan beberapa manfaat lainnya.

Namun tergantung pada pola dan kuantitas asupan, jika dikonsumsi setelah makan diantara waktu makan, dengan perut kosong setelah bangun di pagi hari atau bahkan sebelum tidur, folifenol dan tanin yang ditemukan dalam teh dan kopi menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh kita yang menyebabkan terhambatnya suplai oksigen tubuh. Selain itu, jika mengkonsumsi kafein secara berlebihan, dapat mengganggu seluruh sistem tubuh. 

Yang terbaik adalah minum secangkir teh di antara 4-5 di malam hari, agar tidak mengganggu makan apa pun. Dan juga membatasi asupan Anda untuk beberapa cangkir.

photoJaga tubuh tetap sehat dengan konsumsi minuman tanpa kafein, serta berolahraga yang rutin. - (Pixabay)</span

2. Latihan Pernapasan

Bernapas dengan benar adalah kunci kehidupan. Anda bernapas lebih dari 20.000 kali dalam sehari, tanpa disadari. Jika tidak bernapas dengan benar, mungkin menua lebih cepat. Menghirup dan menghembuskan napas dengan benar mengarah pada sirkulasi nutrisi yang tepat melalui sel-sel tubuh kita dan juga membantu menjaga pasokan oksigen yang baik ke seluruh tubuh.

Namun yang perlu diperhatikan adalah teknik napas dalam yang tepat. Napas dalam berarti, bernapas ke perut, mengarah ke ekspansi perut, dan kemudian membiarkan napas naik dan menghembuskan napas. 

Latihan pernapasan harus dilakukan setiap hari, untuk komunikasi yang baik antara sel-sel tubuh kita, dan menjaga tubuh tetap segar. Tidak butuh waktu lama, rata-rata beberapa menit untuk melatih pernapasan kita. Selama waktu yang singkat itu, berkonsentrasilah pada napas Anda, dan sadari bagaimana itu menghubungkan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda, yang akan tercermin di kulit Anda.

3. Mandi Air Dingin

Manfaat pertama dan terpenting dari mandi air dingin untuk memperlancar sirkulasi darah. Ketika air dingin mengenai tubuh, darah mengalir menuju organ-organ. Ini adalah respon alami dari tubuh. Aliran darah ini memberikan cahaya pada kulit. Ini juga mencegah masalah seperti hipertensi, varises, dan pengerasan arteri.

Mandi air dingin membuat kulit kita bersih dan bercahaya. Air dingin menutup pori-pori kulit kita, yang membuat kulit tetap segar dan bercahaya. Air dingin juga menyempitkan pembuluh darah, mengatasi pembengkakan ringan dan mata bengkak. Itu juga menjaga minyak alami kulit tetap utuh, dan itu membuat kulit sehat secara alami.

Baca Juga :

4. Menjaga PAINS (Positive Attitude In Negative Situations) atau sikap positif dalam situasi yang negatif

Tubuh manusia terjalin dengan pikiran. Jika pikiran negatif, atau berada di bawah tekanan terus-menerus, maka tidak ada teknik untuk tetap sehat, bugar, dan awet muda pada akhirnya akan berhasil. 

PAINS adalah salah satu teknik untuk menjaga pikiran kita tetap positif, menyelaraskan tubuh dengannya.

Mencapai sikap positif dalam situasi negatif tidak semudah kedengarannya. Situasi negatif memunculkan respons negatif dari pikiran kuncinya adalah, untuk mempersingkat durasi pikiran negatif sebanyak mungkin. Saat kita terus mempersingkat durasi pikiran negatif, secara bertahap mencapai titik di mana setiap situasi negatif yang kita mulai cari berubah menjadi 'pelajaran untuk dipelajari', atau memikirkan kemungkinan skenario positif yang dihasilkannya.

Salah satu hal utama yang mempengaruhi tingkat stres kita adalah mengkhawatirkan hal-hal yang berada di luar kendali kita. Juga, dalam situasi negatif, Anda perlu memiliki belas kasih untuk diri sendiri. Seringnya, Anda cenderung memikirkan bagaimana situasi tertentu menghadirkan kita di depan orang lain. 

Sebaliknya, kita harus berpikir bagaimana hal itu mempengaruhi kita. Memprioritaskan kesehatan mental kita sendiri sangat membantu dalam memiliki Sikap Positif Dalam Situasi Negatif.

5. Diet Kaya Alkaline Mentah

Ada dua jenis diet - diet kaya alkali dan diet kaya asam. Diet kaya asam adalah diet dengan kadar PH antara 0-7 misalnya, kafein berlebihan, atau bahkan buah-buahan dan kacang-kacangan kering. 

Diet kaya alkali biasanya dalam bentuk mentah. Ini termasuk makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan lainnya. Kita dapat mengubah sifat asam dari buah-buahan dan kacang-kacangan kering menjadi basa dengan mengkonsumsinya dalam bentuk yang direndam.

Di dalam tubuh kita, hanya ada dua hal yang bersifat asam, yaitu lambung dan air seni. Sementara sebagian besar tubuh bersifat basa. Itulah sebabnya, disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 80 persen makanan kaya alkali untuk mencapai kondisi kesehatan mental yang lebih tinggi. Untuk mencapainya, sertakan jus sayuran, buah-buahan, sayuran mentah/kukus, salad, kacang-kacangan dan biji-bijian yang direndam, dan lainnya. 

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist
Life26 April 2024, 19:11 WIB

Tarik Perhatian Mereka, Terapkan 8 Tips Berikut Untuk Mengajak Anak Bekerja Sama

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik, patuh dan mudah di ajak kerja sama. Untuk menerapkannya coba terapkan beberapa tips berikut.
Ilustrasi tips mengajak anak bekerja sama / Sumber Foto : Freepik/@freepik