Light Dark

Cisande Sukabumi Masuk 50 Terbaik ADWI 2021, Menteri Sandiaga Soal Desa Wisata

Travel | 04 Sep 2021, 18:05 WIB
River tubbing. Potensi wisata yang ada di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat berhasil merebut hati para kurator atau tim penilai ADWI 2021. | dok. Jadesta.com

SUKABUMIUPDATE.com - Potensi wisata yang ada di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat berhasil merebut hati para kurator atau tim penilai ADWI 2021. Tahun ini, bersama tiga desa lainnya di Jawa Barat, Cisande masuk daftar 50 terbaik Ajang Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Suatu kebanggaan untuk masyarakat Sukabumi dan Jawa Barat karena dalam ajang tahunan ini saingannya mencapai 1.831 peserta desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dipilah mencari 500, kemudian berkurang jadi 300 hingga akhirnya para kurator memilih 50 desa terbaik ADWI 2021, yang rencananya akan dikunjungi untuk dinilai lebih lanjut, langsung oleh Dewan Juri dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada hari Minggu 5 September 2021.

Baca Juga :

Pengumuman 50 terbaik ADWI 2021 ini diumumkan langsung oleh Sandiaga Uni lewat channel youtube Kemenpar Ekraf pada 23  Agustus 2021 silam. Dalam video rekaman tersebut, Sandi menyebut, ADWI adalah salah satu upaya mewujudkan desa wisata di Indonesia yang berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan. 

"Desa wisata menjadi Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia Bangkit!," tegas Sandiaga dalam video tersebut.

photoCamp sawah, salah satu pilihan di desa wisata Cisande Sukabumi - (dok. Jadesta.com)

"Bagi yang belum lolos terpilih menjadi 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Indonesia Bangkit, ADWI 2021 jangan patah semangat. Terus tingkatkan inovasinya, jangan lelah beradaptasi, dan perbanyak kolaborasi untuk mengembangkan desa wisata," sambungnya.

Kemenparekraf akan menjadikan data desa wisata melalui jadesta atau Jaringan Desa Wisata sebagai wadah sekaligus arah dalam penyusunan rencana pengembangan semua desa wisata di Indonesia. Kemenparekraf melalui Jadesta sudah membuat profil masing-masing desa yang ikut dalam ajang ini, termasuk Cisande dalam daftar 50 terbaik ADWI 2021.

Baca Juga :

Dalam laman resminya  Desa Wisata Cisande Kampung Raden, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat merupakan kegiatan pemanfaatan alam dan pengembangan sumber Daya Manusia. Disini ada wisata edukasi, Budaya dan Bercocok Tanam, Adventure River Tubing, Tracking Bukit Cemara, Kuliner Sunda dan masih banyak atraksi dan potensi lainnya.

Disini juga dituliskan sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata pendukung seperti: Jungle Tracking, Kamar Mandi Umum, Kuliner, Musholla, Outbound dan selfie area. Untuk lebih detil bisa cek langsung di www.jadesta.com.

photoPanorama Bukit Cemara. Spot wisata alam Desa Cisande Sukabumi - (dok. Jadesta.com)

Sukabumiupdate.com, pernah menulis tentang potensi wisata di desa Cisande. Dalam tulisan yang di publish 3 November 2019, mengupas tentang Agrowisata Desa Cisande di Kampung Pondokleungsir. Kegiatan yang paling seru di objek wisata ini yaitu pengunjung bisa Panen sayuran serasa punya kebun sendiri.

Selain Panen sayuran, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Agrowisata Cisande seperti outbound, flying Fox, treking, panahan, dan laboratorium alam.  "Agrowisata adalah perpaduan antara pariwisata dan pertanian atau perkebunan yang dikombinasikan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi masyarakat. Orang-orang dapat belajar tentang perkebunan, menikmati buah segar hasil petikan langsung dari pohonnya, atau sekedar jalan-jalan menghirup aroma segar yang jarang mereka jumpai di perkotaan," tutur Ketua BUMMAS (Badan Usaha Milik Masyarakat) Anugerah Tani, Maman Mulyana, kepada sukabumiupdate.com saat itu. 

"Selain kegiatan wisata, juga tersedia untuk belajar wirausaha bagi pelajar, seperti budidaya cacing, budidaya Lele, pengolahan abon lele, workshop pembuatan busur dan panah. Jadi, bisa disebut juga sebagai ekonomi kreatif masyarakat," pungkas Maman.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur