Viral, Film Selesai Garapan Tompi Dianggap Rendahkan Perempuan

Jumat 20 Agustus 2021, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Film Selesai kini tengah tayang di bioskop online, digarap oleh seniman Tompi yang melebarkan sayap menjadi sutradara film. 

Dokter Tompi ini menuai kritik setelah membahas soal proses produksi karyanya itu. Berikut pernyataan Tompi yang disorot soal film Selesai.

Nama Tompi kini masuk jajaran trending topic Twitter setelah dirinya mengisi acara diskusi soal Film Selesai. Usut punya usut, banyak pernyataan-pernyataannya yang dianggap blunder oleh warganet.

Pelantun tembang Sedari Dulu ini bahkan dituding telah merendahkan perempuan lewat film yang digarapnya bersama Imam Darto tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak deretan pernyataan Tompi yang disorot soal Film Selesai.

1. Sudut pandang perempuan

Dalam diskusi online film Selesai pada Kamis (19/8/2021) kemarin, ada warganet yang menanyakan mengapa saat membuat film yang menurut mereka menyoroti perempuan, namun tak melibatkan kaum hawa dalam proses pengembangan cerita.

"Pertanyaan, kenapa Tompi suka membuat film tentang perempuan, tapi nggak pernah melibatkan perempuan," tulis @torantula menukil pertanyaan saat sesi diskusi.

Terkait hal ini, Tompi menjawab, "Ya kan ini sesuai kebutuhan. Kalau kami perlu tahu tentang perempuan, kami akan tanya perempuan".

Atas jawabannya itu, warganet menganggap Tompi tidak memasukkan sudut pandang perempuan dalam film garapannya bersama Imam Darto yang didapuk sebagai penulis tersebut.

photoTompi sebagai sutradara film Selesai yang viral karena dianggap merendahkan harkat perempuan - (IG/dr.Tompi)</span

2. Soal wanita seksi

Pernyataan Tompi yang juga ramai diperbincangkan adalah ia menilai laki-laki laki-laki akan tertarik untuk berpikir macam-macam begitu melihat wanita seksi.

"Sekarang secara harfiah biologisnya orang lah, kalau lihat cewek seksi kira-kira laki-laki yang mungkin gak punya pelampiasan bakal tergoda nggak buat mikir yang enggak-enggak? Iya kan? Faktanya kan," lanjut Tompi dalam wawancara tersebut.

Potongan pernyataan Tompi itu langsung menuai kritik warganet.

"Mohon maaf dr Tompi mau tanya, emang laki-laki enggak punya akal sehat untuk menahan godaan ya?" cuit akun @meringa*** soal jawaban Tompi.

"Maaf dok, justru saya punya pendapat . Bahwa "sang* " itu bukan karena objeknya. melainkan ketidakmampuan laki laki untuk mengendalikan pikirannya sendiri" buktiknya yang masih tertutup pun masih saja mendapat plecehan. nah kalau itu bagaimana?" tulis warganet akun @IPA**** berkomentar.

Baca Juga :

3. Buat film bukan untuk dinilai

Sementara itu, Tompi telah mengonfirmasi lewat live Instagram beberapa waktu lalu soal kritik yang dilayangkan kepadanya terkait Film Selesai yang dibintangi Ariel Tatum, Gading Marten, dan Anya Geraldine tersebut.

"Saya enggak bikin film buat dinilai, bukan juga buat di apa ya, pengakuan dari si A, si B, si C, orang-orang tertentu, belum juga mereka punya ilmunya kan?" ungkap Tompi.

Selanjutnya, ia menjelaskan suguhan filmnya dan respons yang didapat tersebut dengan sebuah analogi.

"Itu tadi saya bilang, orang makan tempe lu kasih keju, enggak bakal nyambung. Biarin aja," kata Tompi.

4. Balasan Tompi soal kritik

Tompi baru-baru ini buka suara soal kritik yang dilayangkan kepadanya terkait penggarapan film Selesai. Ia disebut merendahkan perempuan.

Tompi menanggapi respons warganet yang berada di pihaknya. Warganet tersebut membalas utasan dari musisi Torantula yang membahas soal kontradiksi dalam Film Selesai dan pernyataan Tompi dalam forum Spaces yang rekamannya tersebar di Twitter.

Warganet dengan akun @Tonisalvatios tersebut menganggap bahwa Torantula hanya memotong-motong dialog lalu menyimpulkannya sehingga menimbulkan informasi yang keruh.

"Ini namanya potongan dialog yg membuat kesimpulan jadi jelek. @dr_tompi bilang informasi yg dia dapat sudah cukup, hanya masalah kebutuhan saja, kalo dia merasa tidak tahu pasti bertanya," cuit warganet tersebut.

Tanpa disangka, cuitan warganet tersebut mendapat respons dari Tompi soal kecerdasan anak bangsa.

"Nah.. memang enggak gampang mencerdaskan bangsa," cuit Tompi lewat akun Twitternya, menanggapi respons warganet yang membelanya tersebut.

Sebagai informasi, film Selesai mengisahkan soal rumah tangga Ayu (Ariel Tatum) dan Broto (Gading Marten) yang mengalami masalah akibat perselingkuhan.

Ayu sejatinya sudah ingin meninggalkan Broto yang beberapa kali kedapatan berselingkuh, salah satunya dengan Anya (Anya Geraldine), namun hal ini terhalang kehadiran mertua yang tinggal di rumah mereka karena terjebak lockdown.

Itulah sederet pernyataan Tompi yang disorot soal Film Selesai. Bagaimana menurutmu?

SUMBER: SUARA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Kecantikan07 Mei 2024, 12:15 WIB

Kurang Nutrisi, Berikut 6 Penyebab Kuku Mudah Patah

kuku yang sering patah bukanlah masalah sepele. Bagi banyak orang, kuku yang rapuh dan mudah patah bukan hanya menjadi sumber frustasi.
Ilustrasi kuku yang mengalami patah (Sumber : pixabay.com/@ziounail)
Sukabumi07 Mei 2024, 12:10 WIB

Jadi Tuan Rumah Healthy Cities Summit (HCS) 2024, Kabupaten Sukabumi Bersiap

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan rakor ini untuk menyelaraskan pemahaman. Sehingga antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat selaras dan seirama.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami memimpin rapat koordinasi terkait suksesnya penyelenggaraan HCS ke 6 tingkat nasional tahun 2024 di Kabupaten Sukabumi,bertempat di Pangrango Resort (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Bola07 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Punya Catatan Kurang Baik Saat Lawan Bali United, Marc Klok: Kami Akan Ubah Itu!

Persib Bandung akan berusaha keras untuk memperbaiki catatan buruk kala berjumpa Bali United.
Persib Bandung akan berusaha keras untuk memperbaiki catatan buruk kala berjumpa Bali United. (Sumber : Persib.co.id)
Kecantikan07 Mei 2024, 11:45 WIB

Perempuan Wajib Tahu, Ini 7 Cara Merawat Kuku Setiap Saat Agar Sehat dan Bersih

Sebagai perempuan penting sekali untuk mengetahui cara menjaga dan merawat kuku setiap saat. Karena perlu diketahui agar kuku bisa sehat dan bersih
Ilustrasi kuku bersih (Sumber : pixabay.com/ @keynee2)
Sehat07 Mei 2024, 11:30 WIB

10 Rekomendasi Makanan Rendah Kalori untuk Diet Sehat

Sayuran panggang atau rebus seperti wortel, kacang polong, kembang kol, dan kacang panjang adalah pilihan camilan yang rendah kalori dan rendah lemak.
Makanan Rebus untuk Diet. | Rekomendasi Makanan Rendah Kalori untuk Diet Sehat. Foto : Pixabay
Sukabumi07 Mei 2024, 11:04 WIB

Literasi Digital, Pemkot Sukabumi Gelar EdukAsyik dengan Pendekatan Komunikasi Pribadi

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada pengguna internet.
Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo menggelar EdukAsyik Literasi Digital di Hotel Balcony, Selasa (7/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life07 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Tips Hidup Bahagia Meski Menghadapi Banyak Masalah, Ayo Lakukan!

Habiskan waktu dengan orang-orang yang Anda cintai dan hargai agar hidup bahagia meski banyak masalah.
Ilustrasi. Sahabat Baik. Tips Hidup Bahagia Meski Menghadapi Banyak Masalah, Ayo Lakukan! | (Sumber : Pixabay.com/Dimhou)
Sukabumi07 Mei 2024, 10:33 WIB

Diserahkan Kusmana, 1.070 KPM di Limusnunggal Sukabumi Terima Bantuan Beras

Bantuan ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk membantu masyarakat.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menyerahkan bantuan pangan beras secara simbolis kepada KPM di Kelurahan Limusnunggal, Selasa (7/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi07 Mei 2024, 10:30 WIB

Info Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman

Berikut Informasi Lengkap tentang Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Info Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Nasional07 Mei 2024, 10:04 WIB

Deklarasi Oposisi! Tiga Poin Ganjar Pranowo untuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

Pernyataan ini disampaikan Ganjar dalam sambutan kepada TPN Ganjar-Mahfud.
Ganjar Pranowo menyatakan oposisi terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Istimewa