Mobil Listrik Benarkah Mobil Masa Depan

Jumat 20 Agustus 2021, 02:00 WIB
Komponen mobil listrik yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Komponen mobil listrik yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Sekarang ini banyak sekali yang membicarakan tentang mobil listrik, tetapi sebenarnya banyak orang awam yang masih bingung kenapa mobil listrik?

Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan oleh tenaga listrik. Kalau sebelumnya mobil yang kita ketahui adalah mobil yang menggunakan bahan bakar  bensin atau gas.

Mobil listrik lebih jadi issue utama karena  mobil listrik tidak memerlukan banyak komponen dan tidak ada pencemaran udara atau zero emission, dikarenakan komponen yang lebih sederhana dibanding mobil generasi sebelumnya  dan tentu saja   untuk masa depan akan sangat bermanfaat karena ketersediaan  bahan bakar  fosil akan habis jadi mobil listrik sedang digalakkan dimana-mana.

Kesederhanaan mobil listrik dibanding  mobil sebelumnya  ialah kalau mobil listrik kira-kira hanya mempunyai  10 komponen inti misalnya   motor listrik khusus, Aki atau baterai, controller, inverter, charger, stir, ban, body, dll.

Tetapi kalau mobil  yang menggunakan bahan bakar bensin sangat rumit  karena terdiri dari beberapa blok  yang terdiri dari banyak komponen, misalnya bagian sistem pelumasan, sistem bahan bakar, sistem pemasukan dan pembuangan sistem pendingin, sistem pengapian, yang kalau diterangkan satu-satu akan menjadikan tulisan ini menjadi sebuah buku, dan memang tidak mudah untuk dipahami bagi orang awam.

Jadi bisa dibayangkan betapa rumitnya untuk mobil berbahan bakar bensin supaya bisa jalan, satu bagian saja bermasalah maka mobil itu tidak bisa nyala, sedangkan kalau mobil listrik, sangat sederhana karena komponennya juga sedikit.

Baca Juga :

Mesin mobil elektrik mempunyai cara kerja yang sangat berbeda dengan mesin mobil bensin. Mesin ini berbentuk tabung, lapisan luarnya dialiri listrik, sehingga menimbulkan medan elektromagnetik, yang dapat memberikan gaya gerak memutar.

Sedangkan kalau mobil berbahan bakar bensin cara kerjanya memanfaatkan bensin yang sifatnya mudah terbakar. Bensin diperciki api sehingga terjadi serangkaian ledakan berskala kecil, yang akan menggerakkan piston.

Tetapi sekarang di Indonesia, karena belum banyak dan masih baru serta terbatasnya spare part  maka harganya masih mahal tetapi sekarang berbagai macam merek sudah mulai mengeluarkan mobil listrik seperti BMW, Mercedez, dan banyak lagi.

karena tahu bahwa masa depannya akan  sangat menjanjikan  karena  mengandalkan energy terbarukan  dan pelan–pelan  mobil berbahan bakar bensin akan berkurang bahkan punah, karena bahan bakar fosil akan habis. 

Selain itu, mobil  berbahan bakar bensin cenderung tidak ramah lingkungan karena mengeluarkan asap yang bisa menyebabkan polusi dan global warming. Polusi ini seringkali disebut emisi (inggris: emission). Kendaraan bertenaga bensin ini menjadi salah satu sumber emisi global di semua negara.

Mobil listrik modern memiliki perangkat komputer dan software yang terintegrasi di dalam mobil tersebut. Produsen mobil listrik ternama di Amerika, Tesla telah meluncurkan mobil elektrik yang bisa dapat mengemudi otomatis (self-driving car). 

Mobil ini sangat canggih sehingga dapat memilih rute terdekat menggunakan teknologi GPS (global positioning system), mengemudi secara otomatis melewati rute tersebut, dan kemudian memarkirkan mobil secara otomatis di tempat tujuan, walau masih mahal tetapi mobil tesla ini masih menjadi favorit di berbagai Negara termasuk Indonesia. Walau di Indonesia masih relative sedikit karena masih mahal berharga milyaran rupiah.

Efek dari adanya mobil listrik ke depan yaitu bisa jadi profesi supir akan berkurang karena mobil bisa menyetir sendiri  ada yang full otomatis ada yg masih semi, mungkin untuk kedepannya para supir bisa  mencari mata pencaharian lain supaya tetap bisa mencari nafkah.

Untuk masa sekarang mungkin  belum banyak tersedia pom untuk mengisi listrik  sehingga jarak yang ditempuh masih terbatas karena hanya tergantung dari tenaga listrik dan penyimpanan di baterai atau aki yang masih terbatas karena teknologi ini yg masih menjadikan  mobil listrik mahal, tetapi ada juga mobil listrik hybrid dimana bisa memakai listrik bisa juga memakai bensin .kalau dibandingkan untuk perbandingan bahan bakar, memang mobil listrik jauh lebih efisien dibanding mobil bensin karena nilai efisiensinya bisa 50 % bahkan lebih.

Mudah mudahan kedepannya kita bisa menikmati mobil listrik  apabila harganya sudah murah dan kita  bisa menikmati zero emission dan dunia menjadi berkurang pencemarannya, dan  ada juga produsen mobil listrik dari Indonesia yang penelitiannya dihasilkan dari orang Indonesia, sehingga kita bisa bangga

Penulis: Marina Artiyasa Dosen Teknik Elektro Universitas Nusa Putra 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)
Life28 April 2024, 15:30 WIB

9 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak Demi Keluarga Bahagia

Ingin meningkatkan hubungan Anda dengan anak sekaligus mendorong perkembangan sosial dan emosionalnya? Menghabiskan waktu bersama mereka dapat melakukan hal-hal ini dan banyak lagi.
Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto
Inspirasi28 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Lulusan S1 untuk Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun.
Ilustrasi. Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 14:50 WIB

6 Tanda Kamu Golongan Orang Serakah Terhadap Harta, Ini Buktinya

Orang yang serakah terhadap harta bisa diperhatikan dari sikapnya yang cenderung berlebihan dalam mencari dan memelihara harta.
Ilustrasi. Tanda hidup serakah. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 14:32 WIB

Data Sementara BPBD: 17 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Laut Garut

Berikut rincian wilayah yang terdampak gempa laut Garut M6,2 di Kabupaten Sukabumi.
Rumah rusak akibat gempa laut Garut di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 14:30 WIB

"Bagaimana Perasaanmu?", 8 Kalimat Penting untuk Membesarkan Anak Bahagia

Ungkapan-ungkapan praktis berikut adalah semua yang Anda perlukan untuk memiliki anak yang bahagia dan mandiri.
Ilustrasi. Tips membesarkan anak bahagia. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 14:00 WIB

Cara Menghilangkan Trauma Setelah Diputuskan, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Putus cinta bisa menjadi pengalaman yang mengguncang dan meninggalkan bekas trauma emosional yang dalam.
Ilustrasi. Putus cinta. Sumber : pixabay/breakty99
Life28 April 2024, 13:31 WIB

5 Sikap Sederhana yang Membuat Anda Semakin Berwibawa di Mayarakat, Ini Rahasianya!

Sikap yang dilakukan orang bisa menjadi alasan orang lain memandangnya berwibawa, sehingga rasa hormat dan keseganan itu nyata adanya.
Ilustrasi. Sikap yang membuat orang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Ono Kosuki
Life28 April 2024, 13:30 WIB

Menghabiskan Waktu Bersama, Terapkan 6 Cara Kecil Ini Agar Anak Merasa Istimewa

Ada cara sederhana namun ampuh untuk memastikan semua anak Anda merasa istimewa.
Ilustrasi. Cara membuat anak merasa istimewa. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 13:25 WIB

Larang Nobar Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024, MNC Group Umumkan Aturannya

Pegang hak siar, MNC Group tegaskan larangan nobar kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Pelanggar diancam penjara dan denda.
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : pssi.org)