Pensiunan PNS Sukabumi Keliling Nusantara Pakai Motor, Catatan Bersama BRPI

Minggu 15 Agustus 2021, 02:00 WIB
Yudi Panca Yoga (Kaos Hitam) bersama oehoen Rider Post Indonesia (BRPI),  yang merupakan kumpulan bikers pensiunan PT Pos Indonesia.  Agenda touring kali ini menuju Wonosobo Jawa Tengah. Penisunan PNS Pemkab Sukabumi memilih touring keliling nusantara

Yudi Panca Yoga (Kaos Hitam) bersama oehoen Rider Post Indonesia (BRPI), yang merupakan kumpulan bikers pensiunan PT Pos Indonesia. Agenda touring kali ini menuju Wonosobo Jawa Tengah. Penisunan PNS Pemkab Sukabumi memilih touring keliling nusantara

Sejak berstatus pensiunan PNS di Pemkab Sukabumi,  saya isi hari hari dengan touring menggunakan sepeda motor.  Ya,  mengendarai sepeda motor merupakan hobi lama yang kembali saya jalani karena telah bebas dari beban tugas yang dahulu begitu mengikat. Beberapa kota baik dalam dan luar provinsi sudah saya jalani. 

Kali ini saya bergabung dengan Boehoen Rider Post Indonesia (BRPI),  yang merupakan kumpulan bikers pensiunan PT Pos Indonesia.  Agenda touring kali ini menuju Wonosobo Jawa Tengah, selain dalam rangka menyambut Kemerdekaan indonesia ke 76 dan HUT BRPI yang pertama (16 Agustus), Persatuan Pensiunan Pos Indonesia, mengagendakan silaturahmi sekaligus bakti sosial kepada salah satu pensiunan Kantor Pos yang masih hidup. Di kota ini tinggal seorang mbah Wartidjah berusia jelang 100 tahun yang tinggal di Kampung Sidomulyo RT 02 RW 09 Sidomulyo Wonosobo. Kegiatan ini sesuai Visi misi BRPI melaksanakan touring dan bakti sosial baik kepada pensiunan maupun masyarakat.  

Wartidjah muda pertama kali diterima menjadi pegawai pos pada Tahun 1942 oleh seorang Belanda dan ditempatkan di Jakarta.  Saat itu beliau masih gunakan seragam kebaya setiap kali berkantor dan terus bekerja hingga pensiun di Tahun 1978 di Semarang Jawa Tengah utk selanjutnya menjalani hari tuanya di Wonosobo. 

Keberangkatan 12 sepeda motor dimulai dari Kantor Pos Besar Bandung dipimpin langsung oleh Ketua BRPI (Abraham Lesmana) pada Jumat,  13 Agustus 2021 pukul 08.00. Sedangkan saya berangkat bersama 3 rider Boehoen dari Jakarta yang bergabung di Cianjur pukul 08.30 dan tiba pada waktu yang hampir bersamaan sekitar pukul 6 sore dan diterima oleh Ketua Cabang PT Pos Wonosobo didampingi para pensiunan pos disana. Disana juga telah hadir Ketua Persatuan Pensiunan Pos Indonesia (Bapak Mamang) untuk esoknya berkenan menyerahkan bantuan. 

photoPenyerahan bantuan uang tunai diserahkan Ketua pppos Indonesia - (istimewa)</span

Setelah beristirahat dan bersih2 di fasilitas PT Pos Indonesia Cabang Wonosobo,  kami dijamu makan malam khas Wonosobo (Mie Ongklok plus sate) sekaligus bersilaturahmi dengan jajaran Pos dan beberapa pensiunan disana. 

Esok harinya,  Sabtu 14 Agustus 2021, dilakukan silaturahmi dengan mbah Wartidjah bertempat di Kantor Pos Cabang Wonosobo dalam suasana penuh haru. 

Baca Juga :

Silaturahmi berakhir ditandai dengan penyerahan bantuan uang tunai sebesar Lima Juta Rupiah yang berasal dari sumbangan pensiunan PT pos Indonesia diserahkan oleh Ketua PP Pos Indonesia (Bpk Mamang Abdul Kodir) .  Selain itu juga diserahkan bantuan uang tunai sebesar satu juta rupiah kpd bpk Syamsul (88 tahun) yang hidup sebatang kara asal Kebumen yg secara simbolis dititip serahkan Ketua BRPI (Abraham Lesmana) kepada Ketua PP Pos Kebumen,  dan bantuan Sembako secara simbolis kepada 20 pensiunan lanjut usia di wilayah Kabupaten Wonosobo yang diterima secara simbolis oleh Ketua PP pos Wonosobo. 

Sebelum kembali ke Bandung, rombongan menyempatkan berkunjung ke Dieng menikmati keagungan ciptaan Nya. Rombongan kembali melalui jalur Selatan seperti saat berangkat,  kecuali saya dan rekan melalui jalur yang fenomenal dengan sebutan Tol Langit Jalur Bawang kemudian ke Jalur Utara via Batang,  Pekalongan dan seterusnya karena malamnya sudah ditunggu untuk bersilaturahmi dengan Bikers Majalengka. 

Sebagai catatan, selama agenda di atas,  kami tetap melaksanakan prokes dengan ketat baik di perjalanan, acara pertemuan, bermalam dan telah menjalani 2 kali vaksin covid-19. 

Yudi Panca Yoga, adalah pensiunan PNS Pemkab Sukabumi yang jabatan terakhir adalah Kabag Humas dan Protokoler.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat12 Mei 2024, 20:00 WIB

Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).
Sukabumi Memilih12 Mei 2024, 19:25 WIB

Caleg Terpilih Bisa Dilantik Belakangan Bila Mencalonkan Pilkada 2024, Begini Teknisnya

Calon anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 bisa dilantik belakangan, bila yang bersangkutan maju Pilkada serentak yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari | Foto : Capture Youtube KPU RI
Sehat12 Mei 2024, 19:00 WIB

Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba.
Ilustrasi minum air putih - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi12 Mei 2024, 18:04 WIB

Pengelola Geopark: Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi Harus Segera Ditangani

Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekaligus Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menanggapi longsoran yang terjadi di sekitar wisata Curug Cimarinjung kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Sukabumi.
Iyos Somantri, Wakil Bupati Sukabumi sekaligus pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Selamat dalam Perjalanan, Agar Kita Senantiasa Dalam Lindungan Allah SWT

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Life12 Mei 2024, 17:00 WIB

Jangan Disepelekan, 7 Cara Membantu Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi

Dari mulai menyanyi dan membaca hingga terlibat dalam permainan drama, ada banyak cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan bahasa anak.
Ilustrasi -  membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada bayi dengan membacakan buku. (Sumber : pexels.com/@Lina Kivaka).
Sukabumi12 Mei 2024, 16:53 WIB

Serikat Pekerja di Sukabumi Menolak Pencabutan Status UHC Non Cut Off

FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off per 1 Mei 2024 bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi yang memerlukan pelayanan kesehatan.
FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah  BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off | Foto : Ist
Sukabumi12 Mei 2024, 16:11 WIB

Rumah Panggung Milik Lansia Ludes Terbakar Di Jampangkulon Sukabumi

Kebakaran menghanguskan satu rumah panggung milik seorang lansia warga Kampung Panimbaan RT 005/005 Desa Nagraksari, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.
Rumah panggung ludes terbakar di Jampangkulon Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 16:00 WIB

2 Tanda Gangguan Bahasa Pada Bayi yang Harus Diketahui Orang Tua

Jika balita belum bisa berbicara dan Anda mencurigai adanya kesulitan dalam berbicara, maka bicaralah. Kunci untuk mengobati gangguan bahasa adalah intervensi dini.
Ilustrasi -  Tanda gangguan bahasa pada bayi yang perlu diketahui orang tua. (Sumber : Pexels/George Pak).
Sukabumi12 Mei 2024, 15:51 WIB

Tajam Menganga, Besi Gorong-gorong Rusak di Jalur Lingkar Sukabumi Makan Korban

Besi penutup gorong-gorong di jalan Jalur Lingkar Kota Sukabumi, tepatnya di pertigaan Balandongan, terlihat kondisinya sudah rusak parah, besinya suda pada patah dan tidak beraturan
Kondisi besi gorong-gorong di Jalan Jalur Lingkar Kota Sukabumi (pertigaan balandongan) | Foto : Sukabumi Update