Light Dark

Musim Rumput Laut di Pantai Minajaya Sukabumi, Simak Resep Tumis Alga

Kuliner | 07 Aug 2021, 11:00 WIB
Rumput laut di pantai Minajaya Sukabumi | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pasca amukan gelombang tinggi, pesisir pantai selatan Sukabumi Jawa Barat kini dipenuhi rumput laut. Salah satunya di Pantai Minajaya Kecamatan Surade, yang relatif lebih tenang dibanding pesisir lainnya di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi.

Karena banyak, sekali panen warga bisa mendapatkan satu karung besar rumput laut dari pesisir Minajaya. Saat tiba musimnya seperti saat ini, rumput laut laku dijual mentahan, karena banyak dimanfaatkan untuk bahan berbagai makanan seperti dodol.

Tanaman kaya nutrisi, sering juga disebut alga karena masuk ke dalam kelompok algae dan terdiri dari beberapa jenis seperti alga coklat, alga merah, dan alga hijau. 

"Selain dijual ke pengepul juga dijual keliling. Untuk konsumsi rumput laut  bisa jadi makanan seperti dodol, serta sayur, dimasak dengan oseng  (tumis), " jelas pedagang keliling Laeni (43 tahun) warga Kampung Citaritih Desa Pasiripis, Kecamatan Surade kepada Sukabumiupdate.com, Sabtu (7/8/2021).

Baca Juga :

Dia mengaku baru dua hari ini panen dan jualan rumput laut. Di lokasi ini, jenis rumput laut yang banyak ditemukan adalah yang berwarna hijau dan merah. "Baru 2 hari rumput laut banyak muncul di batu karang pesisir Minajaya, biasanya warga berburu saat air laut surut pada pagi hari dan sore," sambung Laeni.

"Saya jual harga per liter Rp.5000. Alhamdulilah banyak yang butuh, penghasilan saat susah cari duit karena PPKM," ungkapnya.

Salah seorang pembeli rumput laut ini adalah Siti Aisah warga Kampung Nangkawangi Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. Siti memang menunggu musim panen rumput laut karena akan digunakan untuk bahan baku dodol, atau menu sayur sehari-hari.

"Untuk bikin dodol prosesnya lumayan, karena rumput laut harus dikeringkan terlebih dahulu. Kami beli selain untuk bahan dodol, juga untuk sayuran sehari-hari. 

Sebelum rumput laut dimasak menurut Siti, terlebih dahulu dibersihkan dan direndam selama 20 - 30 menit, agar benar - benar bersih dari pasir pantai. "Rumput laut yang sudah bersih kemudian dipotong-potong. Persiapkan juga cabe merah, cabe hijau, bawang merah, bawang putih, tomat, gula merah dan penyadap. Diusahakan rumput laut yang masih segar," terangnya.

Setelah siap, semua bahan ditumis menjadi satu, dengan sedikit minyak air dan api sedang. Setelah cukup matang dengan tingkat kesegaran masih tinggi, tiriskan tumis nya untuk siap disantap bersama keluarga.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur