Berguru ke Youtube, Pemuda Cibadak Sukabumi Jadi Juragan Sayuran Hidroponik

Sabtu 31 Juli 2021, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemuda jebolan ilmu manajemen informatika yang satu ini membuktikan media sosial bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif. Lewat Youtube, warga Kabupaten Sukabumi Jawa Barat ini sukses menjadi juragan sayuran hidroponik yang punya omset lumayan.

Aryo Prasetyo (23 tahun) warga Desa Tenjojaya, RT 02/RW 02, Kecamatan Cibadak ini salah satu warga yang berupaya bangkit di masa pandemi covid-19. Ia coba merintis usaha pertanian Hidroponik dengan bekal hobi bercocok tanam.

Aryo mendirikan AIO Farm sejak akhir Desember 2020, produksi dan penjualan mulai Februari 2021. Saat ini ia memiliki lahan 200 Meter persegi untuk produksi sayuran hidroponiknya dengan modal awal yang tabungan Rp 10 Juta.

“Awalnya datang dari hobi bercocok tanam, di awal pandemi ini melihat prospek tanaman Hidroponik. Dari 800 lubang, karena terlalu banyak kepikiran buat dijual dan coba untuk melakukan pemasaran,” ucap Aryo saat berbincang ringan dengan sukabumiupdate.com, Jumat (30/7/2021) di kebunnya.

Aryo mengakui bahwa ilmu cara menanam Hidroponik hasil berguru dari youtube. Ditambah sharing dengan Komunitas Hidroponik di Sukabumi.

“Belajar dari Youtube aja sekitar semingguan, juga sharing sama Komunitas (Hidroponik) disini. Semua dilakukan sendiri dari mulai instalasi, meracik nutrisi dan proses penyemaian, dibantu tukang paling bikin green house nya aja.” 

Baca Juga :

Urine jadi Pink, Ragam Sayuran dengan Punya Efek Unik pada Tubuh

Seiring waktu, permintaan pasar makin bertambah dan Aryo yang kini sudah punya 4000 lubang dan dua green house. Bisa panen per 2 hari sekali, dengan pemasaran sendiri.

“Awalnya bingung pemasarannya gimana lalu coba ngajuin sendiri ke restoran dan supermarket. Sekarang kirim ke restoran disini, kita juga terima order di Grab Market,” ungkapnya

Aio Farm kini menyediakan ragam sayuran hidroponik dan dijual per pack, berisi per 250 gram. Ada Kangkung Rp 5000 ribu, Bayam Rp 6000, Caisim Rp 5000 ribu, Bayam Merah Rp 8000 ribu, Sawi Pakcoy Rp 5000 ribu, Selada Hijau Rp 7000 ribu, Selada Merah Rp 8000 Ribu, Kailan Rp 8000 ribu, Kale Rp 9000 ribu, Sawi Pagoda Rp 7000 ribu dan khusus Daun Mint Rp 5000 ribu per 50 gram. selain Per 250 gram, AIO Farm sendiri menjual juga per/kilo gram. 

Selama 6 bulan berjalan, kini AIO Farm punya omset Rp 5 Juta per bulan. "Alhamdulillah selama 6 bulan ini berjalan sudah balik modal,” pungkasnya.

(PKL/UTAMA)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 April 2024, 19:00 WIB

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung.
Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life19 April 2024, 18:00 WIB

Sedang Alami Luka Batin? Amalkan Doa Kesehatan Mental ini Dari Rasulullah SAW

Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup.
Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup. | Foto : Pixabay
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).