Light Dark

Korbannya Ketua PWI di Sukabumi, Cara Laporkan Akun Whatsapp yang Diretas

Gadget | 15 Jul 2021, 22:00 WIB
Ilustrasi. whatsapp diretas | shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Cobaan pertama bagi Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kota Sukabumi M. Riri Satiri yang baru saja dilantik adalah peretasan akun whatsapp miliknya. Melalui akun facebooknya, Riri mengabarkan, kondisi tersebut pada hari Rabu kemarin 14 Juli 2021, bahkan melalui koleganya nomor whatsapp Riri di sejumlah grup dikeluarkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"No WA saya di Hack,,.Apabila ada yang meminta uang atau apapun jangan dilayani..terimakasih," tulis Riri di akun facebooknya.

Mengutip dari tempo.co, peretasan adalah pengambilalihan akun tanpa diketahui oleh sang pemilik akun yang asli. Ini termasuk dalam kategori tindak pencurian karena sang peretas dengan sengaja mengambil akun orang lain tanpa izin terlebih dahulu.

Bahkan, di beberapa kasus yang parah pernah ada fenomena pengambilalihan akun lalu diteruskan dengan penyebaran hoaks. Ini terjadi karena si pencuri mungkin punya rasa dendam dengan si pemilik akun asli sehingga hal itu sangat lazim untuk dilakukan.

Baca Juga :

Berikut ini cara yang harus dilakukan apabila akun whatsapp Anda diretas:

1. Segeralah lapor ke tim whatsapp melalui email ke alamat support @WhatsApp.com. Pelaporan ini dibuat supaya tim whatsapp bisa segera memulihkan akun whatsapp yang sudah diretas.

2. Jelaskan secara detail mengenai kronologi akun whatsapp tersebut diretas, lalu jelaskan juga kapan terjadinya peretasan dan bagaimana kemungkinan peretasan tersebut bisa terjadi.

3. Secara otomatis, tim backend whatsapp dengan segera akan memulihkan akun yang sudah diretas.

Dengan informasi ini, diharapkan para pengguna whatsapp bisa melaporkan dengan cepat kepada tim whatsapp jika memang terjadi peretasan secara mendadak.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur