Light Dark

Kini Setiap Hari Selalu Ada Pemesan Nisan Kuburan di Sukabumi

Produk | 16 Jul 2021, 07:00 WIB
Perajin nisan kuburan di Sukabumi | PKL/NISA

SUKABUMIUPDATE.com -  Permintaan nisan dan kuburan di Sukabumi Jawa Barat sejak sebulan terakhir mengalami peningkatkan. Setiap hari saat ini selalu ada pemesan, baik nisan saja ataupun paket lengkap dengan casing kuburannya.

Hal ini diungkapkan oleh Adi, salah satu perajin batu nisan kuburan yang membuka usaha di di pertigaan Jalan Ciandam, Kota Sukabumi. Ia sudah 15 tahun bergelut di usaha yang tidak semua orang tertarik untuk melakoninya ini.


Advertisement

Adi mengaku sejak pandemi Covid-19 dan akhir-akhir ini pendapatannya sedikit meningkat, jika dirata-rata harian bisa mencapai Rp 700 ribu.  "Tidak setiap hari menerima pesanan namun tiap minggunya ada saja pembeli. Pernah sehari ada dua sampai tiga pemesan casing kuburan. Kalau sekarang yang pesan nisannya saja bisa sampai 5,” ungkap Adi kepada sukabumi, Kamis (15/7/2021).

Bahkan pemesannya tidak hanya dari daerah Sukabumi, ada juga yang dari luar daerah. Harga setiap nisan bervariasi, mulai dari Rp 150 hingga Rp 300 ribu tergantung ukuran. Adapun nisan lengkap dengan kuburannya antara Rp 650 ribu hingga Rp 2 juta rupiah tergantung susunan batunya.

Baca Juga :

"Modelnya banyak sih, enggak terbatas gimana pesanan aja. Kan ada yang dari granit, biasanya banyak yang order itu yang ekonomis," ucapnya.


Advertisement

Adi juga menyampaikan mengenai bahan baku untuk pembuatan nisan, yang didatangkan dari Bandung. "Kalau bahan marmer di sini juga ada, tapi mungkin harganya lebih mahal," bebernya. 

Adi juga memasarkan usahanya melalui online, lewat marketplace, grup-grup dagang di sejumlah platform media sosial seperti facebook. "Ada yang pesan lewat online tapi jarang," pungkasnya. (PKL/NISA)

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur