Light Dark

Masuk Final, Tim Robot Genusian Nusa Putra Selangkah Lagi Menuju Tingkat Nasional

Science | 15 Jul 2021, 14:45 WIB
Robot Genusian dari Teknik Mesin Universitas Nusa Putra yang berlaga di Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021. Bertanding pada divisi Kontes Robot SAR Indonesia, tim robot Genusian berhasil melaju ke tahap final tingkat wilayah. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar gembira datang dari tim Robot Genusian dari Teknik Mesin Universitas Nusa Putra yang berlaga di Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021. Bertanding pada divisi KRSRI (Kontes Robot SAR Indonesia), tim ini berhasil melaju ke tahap III yaitu tahap final tingkat wilayah. 

Pada seleksi tahap II yang digelar secara daring pada Jumat-Sabtu, 9-10 Juli 2021 kemarin, tim Robot Genusian berhasil meyakinkan juri KRI Wilayah I (Indonesia Barat) dengan mampu menyelesaikan tugas memadamkan api dan menyelamatkan korban.

Baca Juga :

Dosen pembimbing tim Robot Genusian, Oscar Haris, M.T. mengatakan persiapan tim dalam menghadapi seleksi tingkat wilayah ini cukup sulit karena terkendala adanya PPKM Darurat yang mengharuskan adanya pembatasan mobilisasi. 

"Tapi dengan semangat dan kerja keras, tim robot ini berhasil melalui seleksi dengan baik. Ia juga bersyukur pihak pimpinan Universitas Nusa Putra memberikan dukungan penuh kepada tim sehingga proses persiapan tetap dapat dilakukan di dalam kampus walaupun dengan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Muhamad Muslih, M.Kom menyatakan bahwa pihaknya berharap tim robot ini dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk final tingkat wilayah yang dijadwalkan berlangsung tanggal 23-26 Agustus 2021 mendatang.

“Masih ada waktu sekitar satu bulan lagi untuk memperbaiki robot dan track yang akan dipersiapkan untuk lomba bulan depan, sehingga saya pikir peluang untuk tim ini tampil lebih baik dan lolos ke tingkat nasional masih sangat terbuka," tutur Muslih.

Ketua tim Robot Genusian, Taufik Rahman mengaku masih yakin akan peluang untuk lolos ke tingkat nasional tersebut. "Karena dari hasil penilaian juri kemarin robot yang kami tampilkan sangat memenuhi syarat dan mampu menjalankan tugas dengan baik. Hanya memang perlu perbaikan pada performa kecepatan dan ketepatan robot dalam menjalankan tugas tersebut," ujar Taufik.

Oleh karena itu ia bersama tim berkomitmen untuk memanfaatkan waktu satu bulan yang tersisa ini untuk berlatih dan berusaha mencapai performa robot yang terbaik.

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur