Light Dark

Lolos ke Tingkat Wilayah, Tim Robot Nusa Putra Siap Bersaing dengan ITB, UI, dan IPB

Science | 29 Jun 2021, 13:12 WIB
Robot pemadam api karya tim Genusian Universitas Nusa Putra. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kompetisi Robot tingkat nasional KRI (Kontes Robot Indonesia) 2021 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek telah memasuki tahap II yakni seleksi tingkat Wilayah. Peserta dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia dibagi menjadi dua wilayah: I (Barat) dan II (Timur).

Universitas Nusa Putra yang diwakili tim Robot Genusian dari Program Studi Teknik Mesin berhasil melaju ke tingkat wilayah dan tergabung dalam Wilayah I. Di wilayah ini, tim Robot Nusa Putra sebagai satu-satunya wakil dari Sukabumi akan bersaing dengan tim-tim Robot dari ITB, UI, dan IPB.

Ditemui di kantornya, Ketua Program Studi Teknik Mesin Dwi Mardika Lestari menyampaikan tim Robot yang terdiri dari Taufik Rahman (M'19), Fadil Ismail (M'19), Verlian (M'20), dan Andriyansah (M'20) ini sudah dipersiapkan dari satu tahun yang lalu. Sehingga ia sangat yakin tim ini mampu berbuat banyak di tingkat wilayah nanti.

Dosen pembimbing tim robot, Oscar Haris menambahkan ia sudah mempersiapkan tim Robot ini dengan proses bimbingan yang menyeluruh, baik dari proses konstruksi desain robot, maupun pemrograman yang dibutuhkan untuk pengaturan gerak robot.

Dengan pengalaman yang dimilikinya sebagai peserta KRI saat mahasiswa dulu, Oscar meyakini tim Universitas Nusa Putra memiliki kemampuan yang cukup memadai untuk bersaing dengan tim Robot dari perguruan tinggi lain.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Muhammad Muslih mengatakan rektor memiliki perhatian yang besar terhadap upaya-upaya pencapaian prestasi mahasiswa, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ia mendorong mahasiswa mau berkompetisi secara baik agar bisa menunjukkan Universitas Nusa Putra juga mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain di Indonesia maupun di tingkat dunia.

"Kami juga memberikan dukungan penuh baik dari segi pendanaan maupun pembimbingan yang berkualitas dengan memberikan dana operasional tim maupun dosen-dosen yang berpengalaman untuk memberikan bimbingan kepada mahasiswa," katanya.

Ia menambahkan saat ini mahasiswa Universitas Nusa Putra selain di KRI juga sedang berkompetisi di berbagai ajang lain seperti KMHE, KNMIPA, PKM, KDMI, dan NUDC. Kompetisi-kompetisi tersebut melibatkan mahasiswa dari berbagai program studi sebagai delegasi.

"Persiapan-persiapan untuk itu terus dilakukan secara kontinyu setiap tahun, sehingga ada proses pembinaan dan kaderisasi yang baik untuk meningkatkan prestasi mahasiswa di setiap angkatan," ucap Muslim.

"Kami berharap pelajar-pelajar yang mempunyai prestasi baik di tingkat SLTA untuk tidak ragu berkuliah di Universitas Nusa Putra dan menjadi bagian dari generasi brilian di masa mendatang," tambah dia.

Sumber: Siaran Pers Universitas Nusa Putra

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur