Light Dark

Kreatif, Melamar Pekerjaan Kini Bisa Pakai TikTok

Gadget | 08 Jul 2021, 19:18 WIB
Ilustrasi penggunaan TikTok di smartphone. Seiring dengan kecanggihan zaman, maka aplikasi TikTok mencoba hal kreatif baru dengan memungkinkan pengguna untuk bisa melamar pekerjaan. | shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Seiring dengan kecanggihan zaman, maka aplikasi TikTok mencoba hal kreatif baru dengan memungkinkan pengguna untuk bisa melamar pekerjaan langsung dari video yang diunggah dan bisa menjadi resume seperti Chipotle, Target, dan Shopify.

Mengutip dari The Verge pada Kamis (8/7/2021) program ini disebut TikTok Resumes, yaitu program yang dilakukan dalam jangka pendek. Program yang hanya berlaku di aplikasi hingga 31 Juli mendatang ini berasal dari konten yang muncul secara organik di platform, seperti tagar #CareerTok dan berbagai inisiatif yang dibuat perusahaan untuk menargetkan mahasiswa dan kalangan muda.

Disebutkan bahwa ada 30 perusahaan yang berpartisipasi untuk menerima resume program uji coba ini.

Baca Juga :

Artinya, pengguna bisa membuat konten video yang nantinya bakal dilihat perusahaan. Cara kerjanya tentu saja dengan membuat resume video yang kemudian diunggah di TikTok lalu mengirim resume tersebut ke recruiter melalui aplikasi.

Ada hal yang tidak boleh dilakukan, yakni video yang diunggah disarankan untuk tidak menyertakan informasi kontak pribadi seperti alamat email dan nomor telepon. Perekrutan lewat konten termasuk TikTok ini, memang sudah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan. Alo Yoga misalnya, mereka mempekerjakan Social Media Manager lewat Resume TikTok yang nantinya akan mengembangkan strategi aplikasi untuk brand dan bekerja sama dengan influencer.

Perusahaan seperti Detroit Pistons dan Allrecipes juga mencari karyawan baru untuk mengisi produser video atau host lewat konten yang sama.

Kemudian ada Target, Chipotle, Sweetgreen, dan Great Clips yang menggunakan TikTok untuk mencari karyawan pemula atau berpengalaman untuk bekerja di toko maupun gudang. Lalu Shopify mencari Senior Data Engineer lewat platform ini, bahkan jika ada salah satu pengguna yang merasa 'kuat', mereka bisa jadi atlet gulat baru di WWE Superstar.

Meski bersifat sementara, fitur ini akan memudahkan perusahaan untuk menarik Gen Z dan kreator konten berpengalaman untuk mencari pekerjaan full-time.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Nelis (Writer)

Reporter

Image

Denis Febrian

Redaktur