Light Dark

Tambah Lama, Konten Video di TikTok Kini Bisa Sampai 3 Menit

Aplikasi | 02 Jul 2021, 09:53 WIB
Durasi video di aplikasi TikTok kini bisa lebih lama. | Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Durasi konten di aplikasi TikTok akan bertambah panjang. Media sosial berbasis Video pendek itu meluncurkan kemampuan bagi semua orang untuk mengunggah Video berdurasi hingga tiga menit, tiga kali lipat dari sebelumnya yang hanya satu menit.

TikTok menyatakan kalau tujuannya adalah memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada pembuat konten saat merekam dan membatasi kebutuhan untuk posting multi-part. Pengguna juga bisa leluasa membuat lebih panjang Video dan masih bisa memecah Video tersebut.

Video berdurasi tiga menit telah diuji setidaknya sejak Desember 2020 lalu. Hasilnya mudah ditemukan saat menggulir Video dari pembuat TikTok teratas dengan pengikut yang banyak, terutama dalam kategori seperti memasak.

Saat pengujiannya, Video yang lebih panjang hanya terbatas untuk pengguna tertentu. Tetapi sekarang akan diluncurkan ke semua orang di TikTok dalam beberapa minggu mendatang.

Aplikasi besutan ByteDance dari Cina itu tidak mengatakan seberapa lama Video yang lebih panjang dapat mempengaruhi algoritma rekomendasi yang sangat disukai. Pada YouTube, karena seiring pertumbuhan platform, algoritma lebih condong ke retensi pemirsa, artinya Video yang lebih lama—itulah mengapa hampir semua Video di YouTube sekarang berdurasi lebih dari 10 menit. 

TikTok mungkin tidak mengambil pendekatan yang sama. Namun, jika ternyata videonya yang lebih panjang membuat penggunaan TikTok yang lebih lama, pengguna mungkin akan melihat lebih sedikit klip viral pendek, tajam, dan aneh dari aplikasi.

Sumber: Tempo

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur