Light Dark

Saksi Sejarah, Bagalbatre Ujunggenteng Sukabumi Jadi Spot Mancing Favorit

Travel | 11 Jun 2021, 16:15 WIB
Bagalbatre, sebuah bangunan bekas dermaga di Pantai Ujunggenteng Kabupaten Sukabumi selain saksi sejarah juga dimanfaatkan sebagian warga untuk spot mancing. | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Bagalbatre, sebuah bangunan bekas dermaga yang kini hanya tersisa bongkahan batu di Pantai Ujunggenteng Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, selain menjadi saksi sejarah, juga dimanfaatkan sebagian warga untuk spot mancing favorit. 

Bangunan peninggalan kolonial Belanda yang memiliki panjang sekitar 200 meter dan lebar 3 meter ini, hampir setiap harinya selalu dikunjungi oleh warga lokal maupun pengunjung yang sengaja datang jauh-jauh, hanya untuk meluangkan waktu memancing ikan di tempat tersebut.

"Banyak warga lokal, baik pengunjung yang sengaja datang dan mancing ditempat tersebut," kata Deni (38 tahun) seorang nelayan Ujunggenteng kepada sukabumiupdate.com, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga :

Menurut Deni, apabila pemancing sedang hoki, banyak jenis ikan laut yang bisa didapat di lokasi pemancingan tersebut. 

"ikan kawan, mili, gelang coban, dan yang lainnya. Bahkan disana masih banyak ikan karang, atau ikan hias berbagai jenis," pungkasnya.

Meski begitu, Deni selaku nelayan berpesan apabila masyarakat yang ingin mancing disana harus tahu waktu dan kondisi air laut, baik itu saat sedang pasang maupun surut. 

"Kondisi aman untuk mancing dari pukul 14.00 - 16.00 WIB, dan pukul 09.00 WIB - 12.00 WIB," pungkasnya.

 

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Denis Febrian

Redaktur