Light Dark

Mau Liburan ke Palabuhanratu, Geopark Ciletuh dan Ujung Genteng Sukabumi? Ini Rutenya

Travel | 13 May 2021, 18:00 WIB
Pemandangan di daerah Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Objek wisata di kawasan Geopark Ciletuh, Palabuhanratu dan Ujung Genteng menjadi tujuan favorit wisatawan untuk liburan. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Bicara tempat wisata di Kabupaten Sukabumi seakan tak ada habisnya karena di setiap kecamatan, ada saja tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tapi dari sekian banyak lokasi itu, objek wisata di Geopark Ciletuh, Palabuhanratu dan Ujung Genteng tetap menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang liburan.

Bagi wisatawan luar daerah yang ingin berkunjung ke tiga lokasi itu, berikut ini adalah panduan menuju objek wisata Geopark Ciletuh, Palabuhanratu dan Ujung Genteng.

Pantai Palabuhanratu

Pantai Palabuhanratu bukan nama yang asing lagi bagi masyarakat. Tak hanya saat hari libur saja, setiap hari pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di Palabuhanratu ini terdapat pantai-pantai yang menawarkan keindahan yang luar biasa diantaranya Karanghawu dan Citepus. Tak hanya pantai saja ternyata, ada juga objek wisata lain seperti Pemandian air panas Cisolok dan Goa Lalay.

Untuk menuju ke Palabuhanratu ada dua jalur pertama lewat Cikidang. Rutenya dari arah Jakarta masuk ke jalan raya Sukabumi-Bogor. Kemudian sebelum memasuki daerah Cibadak ada simpang Cikidang. Patokannya itu Pos TMC Elang Cikidang. Dari sana masuk ke jalan Cikidang, ikuti jalan tersebut karena ujungnya di Palabuhanratu. Melalui jalan Cikidang memang banyak memangkas waktu, namun kendaraan yang bisa melalui jalan ini hanya mobil kecil dan motor saja. Sedangkan bus dilarang masuk jalur Cikidang karena banyak tikungan tajam, tebing dan jurang. 

Selain jalur Cikidang, ada pilihan jalur lain untuk ke Palabuhanratu yaitu jalur Cikembar. Adapun rutenya dari arah Jakarta masuk jalan raya Sukabumi-Bogor kemudian ketika di daerah Cibadak setelah pasar Cibadak masuk ke simpang ratu. Persimpangan ini yang mengarah ke Palabuhanratu. Dari simpang ratu lanjutkan perjalanan ke arah Cikembar, kemudian ke arah Warungkiara, lalu Bantargadung dan perjalanan pun sampai di Palabuhanratu. Untuk jalur Cikembar ini memang waktu tempuh cukup lama dan jauh. Tapi jalur ini aman untuk kendaraan apapun. 

Geopark Ciletuh

Siapa yang tak tahu keindahan Geopark Ciletuh. Objek wisata ini menyajikan panorama alam yang bikin decak kagum, ada pantainya dan sejumlah air terjun yang menyejukan. 

Berniat ke Geopark Ciletuh, ini adalah rute yang bisa dilalui. Bisa masuk melalui jalur Cikidang menuju Palabuhanratu. Jalur ini hanya bisa dilalui kendaraan kecil dan sepeda motor tidak dengan bus atau mobil besar. Jalur lainnya untuk menuju Palabuhanratu adalah lewat Cikembar. Jalur ini lebih aman dari jalur Cikidang karena lebih landai.

Apabila sudah berada di Palabuhanratu, arahkan kendaraan menuju simpang Bagbagan kemudian melanjutkan perjalanan masuk ke Jalan Simpenan. Sampai di simpang Loji terdapat pertigaan. Dari sana Anda akan bisa memilih untuk melalui jalur kanan menuju Geopark Ciletuh.

Dari sana teruskan perjalanan mengikuti jalan. Melalui jalur tersebut, sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan pemandangan sisi pantai yang indah. Tanda bahwa anda sampai di kawasan Geopark Ciletuh adalah Puncak Darma, Kecamatan Ciemas. Setelah tiba di Geopark Ciletuh silahkan Anda menjelajahi kawasan wisata ini sepuasnya.

Pantai Ujung Genteng

Ujung Genteng adalah salah objek wisata di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi. Pantai Ujung Genteng ini tepatnya berada di Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Tak sabar ingin berwisata kesana? ini jalur yang bisa dilalui.

Apabila memulai dari Bogor maka jalan pertama yang dilintasi adalah jalur Sukabumi-Bogor. Saat masuk di daerah Cibadak, arahkan kendaraan menuju Simpang Ratu. Kemudian saat berada di daerah Cikembar belok kiri ke arah Yonif 310 lalu cari jalan masuk ke arah Jampang Tengah. Dari Jampang Tengah perjalanan dilanjutkan ke arah Lengkong, masuk Kiaradua kemudian ke Jampang Kulon dan Surade. Dari Surade lanjutkan perjalanan menuju Ujung Genteng.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Reporter