Light Dark

Ari Agbayani, Karakter Marvel Comics Baru Ini Dihujat Orang Filipina

Entertainment | 08 Jun 2021, 15:17 WIB
Karakter baru Marvel Comics, Ari Agbayani. Seorang mahasiswi Filipina-Amerika yang memiliki kekuatan super | marvel.com

SUKABUMIUPDATE.com - Marvel Comics baru saja memperkenalkan karakter baru bernama Ari Agbayani. Namun, pemilihan nama sang jagoan itu membuat sejumlah orang Filipina-Amerika menjadi kebingungan.

Ari Agbayani terinspirasi dari karakter Captain America, digambarkan sebagai seorang superhero yang membawa perisai Filipina-Amerika. Karakter ini akan muncul pada Marvel Comics edisi September 2021.

Ari adalah kata dalam Bahasa Tagalog yang artinya alat kelamin. Sedangkan Agbayani adalah sebuah nama marga seorang pahlawan asal Filipina. Dalam Bahasa Ilocano, Agbayani artinya 'menjadi heroik'.

Bahasa Tagalog dan Ilocano adalah dua dari sekian banyak bahasa asli di Filipina. Bahasa Tagalog menjadi standar bahasa nasional Filipina. Sementara itu, Bahasa Ilocano digunakan oleh penduduk Ilocos Norte dan Ilocos Sur di Pulau Luzon, Filipina.

Baca Juga :

photoAri Agbayani, karakter baru Marvel Comics - (marvel.com)

Pihak Marvel Comics mengatakan, Ari Agbayani adalah seorang mahasiswi keturunan Filipina-Amerika yang memiliki kekuatan super.

Karakter Ari sengaja dimunculkan, Marvel ingin memperluas pasar di luar Amerika, salah satunya Asia.

Baca Juga :

Akan tetapi, orang-orang Filipina di Amerika Serikat hanya bisa ‘garuk-garuk kepala’ ketika superhero baru ini diumumkan Marvel Comics. 

Orang Filipina berasumsi, karakter yang diciptakan Marvel itu menjadi sebuah lelucon yang tidak dipahami bos Marvel Comics.

Sementara itu, co-creator Ari Agbayani, Alyssa Wong menjelaskan, Ari adalah kependekan dari Arielle. Menurutnya, Ari adalah nama panggilan yang sangat bagus untuk orang Filipina.

Image

Teguh Setiawan

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur