Light Dark

Gempa Sesar Cimandiri Kejutkan Warga Sukabumi, Titiknya di Jambenenggang

Sukabumi | 05 Jun 2021, 15:56 WIB
Dari kordinat gempa dangkal 3.0 mag yang dipicu sesar cimandiri, Sabtu siang ini terdetaksi berada di Desa Jambenenggang Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | google maps

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Sukabumi wilayah barat dikejutkan dengan getaran Gempa pada Sabtu (5/6/2021), pukul 12.47 WIB. BMKG mencatat Gempa dengan kedalaman 3 kilometer ini dipicu Sesar Cimandiri memiliki magnitudo 3.0,  dengan koordinat 6.95 LS dan 106.97 BT, berada di darat berjarak 5 KM Tenggara Kota Sukabumi, atau di wilayah Desa Jambenenggang Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Dari rilis yang dikeluarkan Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho ST, M.Si Gempa ini dipicu oleh aktivitas lokal di Sukabumi. "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, Gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," jelas Hendro.


Advertisement

BMKG juga mendata peta tingkat guncangan (Shakemap). Berdasarkan laporan dari masyarakat, Gempa ini dirasakan di Kebon Pedes dan sekitarnya hingga Sukaraja dan Sukalarang Kabupaten Sukabumi. Dirasakan dalam skala Intensitas III MMI, atau getaran dirasakan nyata dalam rumah atau terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.  

Baca Juga :

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," lanjut Hendro.


Advertisement

"Hingga pukul 13:15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," pungkasnya.

BMKG mengeluarkan rekomendasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur