Light Dark

Mengulik Sejarah Kamera Ponsel dari Waktu ke Waktu

Gadget | 30 May 2021, 15:10 WIB
Kamera Ponsel pada smartphone | Pinterest

SUKABUMIUPDATE.com - Kamera Ponsel yang digunakan saat ini telah mengalami perjalanan inovasi dari pertama kali ditemukan. Perkembangan Kamera Ponsel dimulai sejak 20 tahun ke belakang, namun tahukah Anda bahwa Kamera Ponsel pertama ditemukan oleh seorang ayah yang ingin mengirimkan foto anaknya kepada keluarga.

Fitur Kamera Ponsel merupakan sebuah peningkatan kelas dari aspek fungsi pada ponsel. Pada awalnya ponsel hanya digunakan sebagai alat berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan (telepon dan pesan). 

Kemudian seiring berjalannya waktu, fitur yang terdapat pada ponsel mengalami perkembangan, seperti untuk kebutuhan fotografi, videografi, memutar musik, menonton video hingga berselancar di internet.

Baca Juga :

Sejarah Kamera Ponsel

photoSejumlah perangkat yang digunakan Philippe Kahn untuk membuat kamera ponsel pertama - (100photos.time.com)

Pria asal Paris, Perancis bernama Philippe Kahn dinobatkan sebagai penemu kamera ponsel. Pada tahun 1997, Kahn awalnya ingin mengirimkan foto kelahiran anak pertamanya kepada keluarga dengan cepat. 

Setelah berpikir panjang, Khan lalu menggunakan kamera digital Casio QV-10, ponsel Motorola StarTAC dan sebuah laptop untuk menangkap gambar anaknya dengan resolusi 320 X 240 pixels pada tahun 1997. 

Kemudian Kahn mengirimkan foto tersebut dengan menggunakan fitur Multimedia Message Services atau dikenal dengan MMS pada masa itu. 

photoFoto pertama dari kamera ponsel yang dibuat Philippe Kahn - (100photos.time.com)

Foto tersebut diakui sebagai foto pertama yang menggunakan Kamera Ponsel dan berhasil masuk dalam 100 foto paling berpengaruh sepanjang masa versi majalah TIME. 

Kahn bukanlah orang awam yang tiba-tiba menciptakan kamera ponsel, ternyata dirinya adalah seorang yang memang memiliki latar belakang IT. Ia adalah seorang founder dan CEO dari empat perusahaan teknologi ternama yakni Fullpower Teknologi, LightSurf Teknologi, Starfish Software dan Borland (wikipedia.org). 

Namun usaha Kahn untuk mempromosikan temuannya tersebut tidak berjalan mulus seperti yang dibayangkan. Meskipun dirinya seorang CEO dari empat perusahaan teknologi, Kahn menerima penolakan dari sejumlah perusahaan kamera seperti Kodak dan Polaroid, saat mengajukan ide untuk membuat dan mengembangkan Kamera Ponsel yang lebih canggih. 

Saat itu, Polaroid dan Kodak masih menganggap ponsel sudah memiliki fungsinya tersendiri, yaitu untuk melakukan komunikasi. 

photoPonsel Sharp J-SH04 merupakan ponsel berkamera pertama yang dijual di pasaran - (wikipedia.com)

Kahn tidak menyerah, ia lalu melanjutkan usahanya dengan menggandeng perusahaan teknologi asal Jepang yakni Sharp dan berhasil meluncurkan ponsel berkamera pertama yakni Sharp J-SH04 pada tahun 2000.

Kamera ponsel pertama Sharp J-SH04 memiliki resolusi 0,11 megapixel, dengan 256 warna. Dimensi ponsel ini 127x39x17 pixels dan mulai dijual ke pasaran pada November tahun 2000. 

Perkembangan Kamera Ponsel 

photoKamera ponsel mengalami banyak sekali perkembangan hingga disematkan kamera depan untuk mengambil foto wajah tanpa harus membalikan ponsel - (Pinterest)

Sejak kehadiran Kamera Ponsel Sharp J-SH04 pada tahun 2000, minat masyarakat dunia terhadap Kamera Ponsel semakin tumbuh. Hal ini kemudian mendorong berbagai produsen ponsel untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan melakukan berbagai inovasi. 

Selang dua tahun setelah kehadiran Kamera Ponsel pertama, Kamera Ponsel memiliki penambahan berbagai fitur menarik yang diterapkan seperti lampu flash, self-timer, fungsi zoom dan efek filter seperti warna hitam putih dan juga sephia.

Perkembangan Kamera Ponsel terjadi sangat signifikan dalam satu dekade terakhir, baik dari segi resolusi hingga software yang diterapkan untuk penunjang performa Kamera Ponsel tersebut. 

Kamera ponsel telah jauh berevolusi, beberapa produsen kini mengeluarkan Kamera Ponsel yang memiliki lensa berukuran hingga puluhan megapixel, sehingga Kamera Ponsel pun sudah dapat mampu bersaing dengan berbagai kamera-kamera profesional untuk kebutuhan fotografi yang lebih advanced (lengkap).

Setidaknya ada tiga evolusi pada Kamera Ponsel yang dilakukan para pengembang, yang pertama yakni resolusi Kamera Ponsel semakin tinggi. Yang kedua, fitur pengolah gambar ponsel semakin beragam dan terakhir adalah munculnya fitur share ke berbagai sosial media sehingga memungkinan pengguna dapat membagikan foto dengan cepat dan masif, kapanpun dan dimanapun. 

Jenis-jenis Lensa Kamera Ponsel

Seiring berjalannya waktu, teknologi lensa yang disematkan dalam ponsel mengalami perkembangan dan kemampuan yang meningkat. 

Dari yang awalnya menggunakan lensa jenis VGA, lalu meningkat dengan adanya teknologi megapixels. Bahkan, sejak tahun 2020, kita dapat menemui berbagai ponsel yang memiliki fitur kamera profesional hingga mampu bersaing dengan berbagai kamera digital yang digunakan para fotografer handal untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Lensa Makro

photoSalah satu contoh pengambilan gambar menggunakan fitur kamera makro pada smartphone zaman sekarang - (Pinterest)

Lensa jenis ini biasanya dipakai untuk memotret objek dengan jarak dekat untuk mendapatkan detail fokus tanpa harus menggunakan alat pembesar pada objek utama. 

Lensa seperti ini dapat ditemukan di sejumlah laboratorium yang sering digunakan para peneliti untuk melihat objek berukuran kecil seperti partikel-partikel, virus, bakteri dan lainnya.

Kini, sejumlah ponsel memiliki fitur canggih seperti ini juga, meskipun kemampuannya belum sampai hingga melihat objek mikro dan nano. Namun, ponsel dengan kemampuan menangkap gambar makro saja sudah terbilang sangat canggih di zaman sekarang ini.

Lensa makro memiliki rasio 1:1, sehingga dengan lensa ini Anda akan mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan ukuran objek aslinya. 

Lensa Wide dan Ultra-Wide

photoSalah satu foto landscape yang diambil menggunakan smartphone dengan firut wide atau ultra-wide - (Pinterest)

Lensa wide berfungsi untuk pengambilan gambar dalam cakupan yang sangat luas atau lebar, sesuai dengan namanya lensa wide bisa digunakan untuk objek luas seperti pemandangan atau foto kelompok. 

Mungkin Anda mengenal istilah landscape photography yang biasa digunakan oleh fotografer dalam mengenalkan hasil jepretannya, nah istilah tersebut digunakan untuk foto hasil dari kamera lensa wide, Karena jenis foto ini merangkum banyak sekali objek dalam sekali potret. 

Lensa Telephoto

photoSeseorang sedang mengambil objek gambar jarak jauh menggunakan fitur kamera telephoto - (Pinterest)

Lensa telephoto biasa digunakan oleh para fotographer profesional untuk mengambil objek gambar yang memiliki jarak sangat jauh. Biasanya digunakan oleh fotographer olahraga dan untuk kebutuhan dokumenter satwa.

Kini, Kamera Ponsel memiliki kemampuan lensa ini juga, sehingga Anda dapat memotret objek yang sangat jauh dengan kualitas bagus hanya dengan menggunakan segenggam ponsel yang Anda miliki.

Ponsel-ponsel dengan Kamera Terbaik (2021)

Berbagai inovasi dilakukan oleh para pengembang ponsel pintar (smartphone) pada saat ini. Peningkatan tersebut dilakukan dari aspek perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) untuk menunjang performa kamera smartphone.

Kamera smartphone saat ini bahkan memiliki berbagai fitur canggih seperti kemampuan Augmented Reality (AR) untuk menciptakan objek virtual yang membantu para pengguna smartphone membuat sebuah simulasi objek dan lainnya. 

Selain itu, para pengembang juga melakukan peningkatan besar-besaran dari segi hardware dengan tujuan mendapatkan gambar yang tajam serta beresolusi tinggi. 

Dari yang awalnya kamera dengan kemampuan VGA, lalu 1 Megapixels, 1,5 Megapixels, 2 Megapixels, 5 Megapixels, 8 Megapixels, 10 Megapixels, 15 Megapixels dan hingga puluhan Megapixels sekarang sudah tercipta.

Masuk ke ranah fenomena megapixel yang terjadi pada kamera, industri ini juga merambah pada kamera yang terdapat pada smartphone. Fenomena ini tentu saja membuat para pengembang dan pabrikan berlomba-lomba membuat produk ponsel dengan kamera yang beresolusi sangat tinggi. 

Apple iPhone 12 Pro

photoApple iPhone 12 Pro - (apple.com)

Apple iPhone memang dikenal selalu menyajikan fitur fotografi kelas profesional kepada para penggunanya. Rilisan smartphone terakhir mereka yakni iPhone 12 Pro memiliki spesifikasi kamera belakang 12 MP (f/1.6, 26mm wide), dual pixel PDAF, OIS) + 12 MP (f/2.0, 52 mm telephoto, PDAF, OIS, 2x optical zoom) + 12 MP (f/2.4, 13 mm ultra wide) + TOF 3D LiDAR scanner (depth).

Kamera depan yang disematkan di iPhone 12 Pro juga sangat canggih, yakni dengan spesifikasi 12 MP (f/2.2, 23mm wide) + SL 3D (depth/sensor biometrik). 

Huawei Mate 40 Pro

photoHuawei Mate 40 Pro - (consumer.huawei.com)

Sejak kemunculan pertamanya, Huawei memang produsen ponsel yang sudah konsern menawarkan fitur kamera terbaik. 

Huawei Mate 40 Pro memiliki spesifikasi kamera belakang Leica optics 50 MP (f/1.9, 23 mm wide, omnidirectional PDAF, laser AF) + 12 MP (f/3.4, 125 mm periscope telephoto, PDAF, OIS, 5x optical zoom) + 20 MP (f/1.8, 18mm ultra wide, PDAF).

Kemudian ditambah dengan kamera depan yang menunjang kebutuhan selfie Anda dengan kamera 13 MP (f/2.4, 18 mm ultra wide) + TOF 3D (depth/sensor biometrik).

Oppo Find X2 Pro

photoOppo Find X2 Pro - (oppo.com)

Oppo Find X2 Pro memiliki kamera belakang dengan spesifikasi 48 MP (f/1.7, 25mm (wide), omnidirectional PDAF, Laser AF, OIS) + Periscope 13 MP (f/3.0, 129mm (telephoto), 5x optical zoom, PDAF, Laser AF, OIS) + 48 MP (f/2.2, 17mm (ultrawide), AF) dan kamera depan 32 MP (f/2.4, wide). 

Xiaomi Mi 11 Ultra

photoXiaomi Mi 11 Ultra - (mobile.mi.co.id)

Produk yang baru diluncurkan pada Maret 2021 ini memiliki lensa kamera 50 MP, f/2.0, 24mm (wide), 1/1.12", 1.4µm, Dual Pixel PDAF, Laser AF, OIS 48 MP, f/4.1, 120mm (telefoto periskop), 1/2.0", 0.8µm, PDAF, OIS, 5x optical zoom 48 MP, f/2.2, 12mm, 128(ultrawide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF + Dual-LED flash, HDR, panorama.

Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra dikabarkan dapat melakukan 'Zoom 120x'. Xiaomi Mi 11 Ultra menambatkan kamera Samsung ISOCELL berkekuatan 50 MP sebagai kamera utamanya, menghadirkan ukuran sensor 1/1.12″ dengan aperture f/2.0 dan focal length 24mm. 

Kamera tersebut juga menyuguhkan beberapa fitur seperti Dual Pixel PDAF, Laser AF, dan juga Optical Image Stabilization.

Samsung Galaxy S21 Ultra

photoSamsung Galaxy S21 Ultra - (samsung.com)

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G merupakan handphone HP dengan kapasitas 5000mAh dan layar 6.8" yang dilengkapi dengan kamera belakang 108 + 10 + 10 + 12 MP dengan tingkat densitas piksel sebesar 515 ppi dan tampilan resolusi sebesar 1440 x 3200 pixels.

Hal yang paling menarik dari Samsung Galaxy S21 Ultra ini terletak pada desain yang menonjol, layarnya berukuran lebih luas, 6,8 inci, dengan resolusi yang tentu saja lebih baik, yakni 1440 x 3200p alias Edge Quad HD+. 

Kemudian dilengkapi dengan varian aksesoris stylus S Pen yang sebelumnya hanya diberikan pada Galaxy Note Series.

Image

Nelis (Writer)

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur