Light Dark

5 Trik Merawat Tas Kesayangan Anda

Gaya Hidup | 25 May 2021, 18:15 WIB
(Ilustrasi) Merawat tas kesayangan | Pinterest

SUKABUMIUPDATE.com - Tas merupakan salah satu penunjang fashion yang dibutuhkan dalam setiap penampilan. Tas juga menjadi pelengkap akomodasi berbagai aktivitas, seperti membantu memenuhi kebutuhan sekolah, membawa barang-barang bahkan bisa menjadi produk investasi. 

Ketika seseorang mulai menyukai tas, maka sebaiknya ditunjang juga dengan kesadaran untuk menjaga dan merawat Tas tersebut agar kondisinya tetap baik meski sudah berumur panjang. 

Tidak selalu Tas bermerek dengan harga mahal saja yang wajib mendapatkan perawatan, Tas apapun meski harganya murah, tetap harus dirawat. 

Oleh karena itu, simak ulasan berikut tentang berbagai trik cara merawat Tas kesayangan Anda. 

Baca Juga :

1. Perhatikan Bahan Tas 

photoSelalu perhatikan bahan tas yang Anda miliki, karena setiap tas memiliki cara perawatan yang berbeda - (Pinterest)

Berbagai bahan dan jenis Tas yang diproduksi tentu memiliki cara tersendiri untuk merawatnya agar tetap awet. 

Anda harus benar-benar memperhatikan jenis Tas yang Anda miliki, misalnya Anda memiliki Tas dengan bahan kulit, maka Anda harus menyadari bahwa Tas kulit membutuhkan perawatan yang khusus. 

Tas kulit harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan, kemudian pastikan Tas dalam kondisi kering dan tidak terpapar matahari lalu simpan di tempat yang kering.

2. Hindari Menyimpan Tas Dengan Cara Digantung 

photoHindari menyimpan tas dengan cara menggantung - (Pinterest)

Beberapa orang cenderung menyimpan Tas dengan cara menggantung, cara tersebut adalah yang paling mudah dilakukan dan dirasa paling efektif untuk membuat Tas tetap rapi. 

Namun pada kenyataannya, menyimpan Tas dengan cara digantung adalah salah. Dengan menggantung tas, Anda akan membuat tali Tas kendor dan tekstur pada Tas juga akan berubah. 

3. Jangan Ditumpuk

photoJangan pernah menumpuk tas dengan barang-barang lainnya - (Unsplash)

Bahan Tas apapun akan rusak jika disimpan dengan cara ditumpuk. Tumpukan akan mengakibatkan Tas kusut, lecek dan terlipat. 

Simpan Tas secara terpisah dengan barang lainnya, gunakan sekat dan buat jejeran Tas berdiri sendiri untuk menghindari kerusakan yang akan terjadi. 

4. Masukan Baking Soda ke Dalam Tas 

photoSilahkan coba masukan baking soda ke dalam tas Anda agar tas tidak lembab dan mengeluarkan bau tidak sedap - (Pinterest)

Tujuan menambahkan baking soda pada tempat penyimpanan Tas atau di dalamnya dalam jangka waktu yang panjang adalah untuk menghilangkan bau tak sedap yang muncul pada tas. 

Hindari menyimpan Tas menggunakan plastik karena plastik membuat udara panas dan menjadikan Tas menjadi lembab hingga timbul bau semerbak yang tidak sedap. 

5. Jauhkan Tas dari Tempat Lembab

photoAtur rapi tas Anda dan hindari menyimpan tas di tempat yang lembab - (Pinterest)

Udara lembab merupakan musuh utama bagi semua jenis tas, karena kelembaban dapat menimbulkan jamur. Agar terhindar dari jamur, simpan Tas di lemari tertutup atau rak terbuka dengan masing-masing konsekuensi. 

Misalnya dengan menyimpan di lemari tertutup, Anda harus siapkan Tas dengan dust bag dan pastikan ada sekat diantara Tas yang satu dengan lainnya. 

Kemudian di rak terbuka, Anda harus rutin mengelap Tas yang telah terpapar debu. Anda juga harus memperhatikan kelembaban suhu ruangan, supaya Tas tidak berubah tekstur dan timbul jamur.

Image

Nelis (Writer)

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur