Light Dark

Simak 5 Tips Merawat Jas Hujan Agar Tahan Lama, Hindari Cuci Pakai Deterjen

Gaya Hidup | 09 Jan 2021, 20:12 WIB

Simak 5 Tips Merawat Jas Hujan Agar Tahan Lama, Hindari Cuci Pakai Deterjen

Gaya Hidup | 09 Jan 2021, 20:12 WIB
Ilustrasi pengendara sepeda motor menggunakan jas hujan | Pixabay.com

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini sejumlah wilayah di Indonesia telah memasuki musim penghujan. Nah bagi kamu yang sering bepergian dengan sepeda motor, nampaknya Jas Hujan atau mantel menjadi perlengkapan wajib yang mesti kamu bawa. Tapi ingat, semakin sering kamu gunakan, maka semakin besar pula potensi kerusakannya. Semisal robek, luntur, dan kerusakan lainnya. Oleh karena itu, simak Tips berikut ini agar mantel kamu bisa Tahan Lama.

1. Periksa Setelah Digunakan

Setelah kamu gunakan, periksa semua saku Jas Hujan dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal. Sebab, barang-barang seperti kapas, tisu, lip balm, bedak, dan yang lainnya tidak baik untuk mantelmu.

Setelah diperiksa, jangan langsung melipatnya karena akan menjadi lembab dan berjamur. Tapi cuci terlebih dahulu dengan air bersih agar noda lumpur atau tanah yang tertinggal dapat menghilang dari permukaan Jas Hujan.

2. Hindari Menggunakan Deterjen

Apabila terasa kurang bersih, kamu bisa menggunakan sabun pencuci piring. Ingat, hindari penggunaan deterjen yang terlalu banyak karena akan merusak jas hujan. Hindari pula penggunaan pelembut atau pemutih.

Gunakan sikat gigi agar lebih lembut dan tidak merusak permukaan jas hujan saat membersihkannya. Tapi bila tidak ingin mencucinya, kamu bisa menggunakan air bersih atau kain yang telah dibasahi air.

3. Hindari Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Setelah dicuci, gantung jas hujan kamu di tempat dengan suhu udara yang cukup agar cepat kering. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung karena akan merusaknya.

4. Simpan di Tempat Kering

Setelah kering, lipat dan simpan jas hujan kamu di tempat yang juga kering. Akan lebih baik bila ada tas khusus untuk tempat penyimpanan, sehingga jas hujan tetap terjaga dengan aman dan dapat kamu gunakan kembali saat diperlukan.

5. Rawat dengan Baik

Jas hujan sebagai perlengkapan luar ruangan sangat penting karena akan melindungimu ketika berkendara atau beraktivitas di musim penghujan. Maka dengan berinvestasi pada perlengkapan yang berkualitas dengan cara merawatnya, kamu akan menghemat uang untuk jangka waktu yang panjang karena tidak perlu berulang kali membeli jas hujan.

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur

Image

Writer: Fanny Kartika

Reporter