Light Dark

Hingga 23 Mei Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi Ditutup, Termasuk Situ Gunung

Sukabumi | 18 May 2021, 11:01 WIB
Kondisi salah satu objek wisata kolam renang di Cicurug Kabupaten Sukabumi dipadati pengunjung saat hari libur lebaran, Minggu (16/5/2021). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat yang hendak mengunjungi objek Wisata di Kabupaten Sukabumi rupanya harus mengurungkan niatnya. Pasalnya sejumlah objek Wisata di daerah tersebut ditutup untuk sementara waktu mulai Selasa 18 Mei hingga 23 Mei 2021.

Penutupan tempat Wisata itu berdasarkan surat kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi nomor 556/660/ind perihal penutupan sementara kegiatan kepariwisataan.

Baca Juga :

Dalam surat itu disebutkan, seluruh camat dan pengelola tempat pariwisata di wilayah administratif Kabupaten Sukabumi khususnya di Kecamatan Cidahu, Kecamatan Nagrak, Kecamatan Parakansalak, Kecamatan Bojong Genteng, Kecamatan Kadudampit, Kecamatan Sukabumi, Kecamatan Cikidang untuk berkoordinasi dan menutup sementara kegiatan kepariwisataan yang dapat menimbulkan kerumunan massa terhitung mulai tanggal 18-23 Mei 2021.

Adapun tujuan dari penutupan sementara tempat Wisata itu adalah mengurangi indikasi penularan Covid-19 dan meningkatkan ketertiban protokol kesehatan pada masyarakat Kabupaten Sukabumi. Surat tersebut ditandatangani Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Usman Jaelani.

Kabid Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Iwan Setiawan menyatakan, surat tersebut untuk semua camat bagi yang wilayahnya mempunyai destinasi terutama Wisata air seperti waterpark dan kolam renang, sehingga mempunyai potensi kerumunan. 

Dengan demikian, semua objek Wisata termasuk milik pemerintah daerah seperti Taman Rekreasi Cimalati juga ditutup sementara. "Ya," kata Iwan membenarkan Taman Rekreasi Cimalati juga ditutup sementara.

Menurut dia, penutupan sementara tempat Wisata itu sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. "Daripada berisiko terjadi penularan Covid 19, lebih baik mencegah, nyawa lebih berharga daripada segalanya," tukas Iwan.

photoSatpol PP Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi bersama kepolisian menempel himbauan penutupan sementara di pintu gerbang kawasan ekowisata Situ Gunung, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. (Istimewa)

Sementara itu, di Kecamatan Kadudampit, Kasi trantib dan anggota Satpol PP bersama pihak kepolisian mendatangi semua tempat Wisata di daerah tersebut untuk menyampaikan himbauan penutupan tempat Wisata itu.

Camat Kadudampit Jenal Abidin menyatakan seluruh tempat Wisata tutup termasuk Situ Gunung Suspension Bridge juga kawasan ekowisata Situ Gunung, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

“Dengan ini kami sampaikan bahwa semua tempat Wisata di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi untuk sementara ditutup mulai tanggal 18 Mei 2021 sampai dengan 23 Mei 2021 untuk pencegahan penyebaran Virus Covid-19,” pungkasnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur