Light Dark

Mudik Dilarang, 4 Hal Ngangenin Lebaran di Rumah

Gaya Hidup | 12 May 2021, 10:00 WIB
(Ilustrasi) Momen lebaran seperti ini yang tidak akan didapatkan bagi beberapa orang di tahun ini. Karena pemerintah Indonesia menetapkan larangan mudik lebaran 2021 sebagai upaya menekan penyebaran virus corona. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang yang terpaksa tidak Mudik pada Lebaran tahun ini. Mereka harus merelakan tidak kumpul bersama keluarga dan sahabat karena larangan Mudik oleh pemerintah dengan alasan untuk menekan penyebaran virus corona di saat pandemi sekarang ini.

Rumah dan keluarga menjadi tujuan utama kenapa setiap orang ingin melakukan mudik. 

Merindukan senyuman hangat orangtua dan keluarga yang menyambut kedatangan seseorang saat mudik, merupakan suatu kebahagiaan yang tak dapat diukur banyaknya. 

photoIlustrasi lebaran virtual - (Pinterest)

Namun sayangnya, karena pandemi virus corona, semua kegiatan kumpul-kumpul tersebut harus dilakukan dalam bentuk virtual saja.

Merayakan Idul Fitri secara virtual tentu sangatlah berbeda dengan merayakannya secara tatap muka langsung. 

Baca Juga :

Berikut beberapa hal yang mungkin dirindukan banyak orang saat Mudik lebaran. 

1. Kebersamaan dengan Orangtua dan Keluarga

Saat mudik, meskipun hanya di hari-hari terakhir berpuasa, namun masih bisa merasakan kebersamaan berbuka dan sahur dengan keluarga di rumah merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. 

Melihat dan merasakan sendiri kebahagiaan dan kebersamaan bersama orang yang dirindukan selama satu tahun tak ditemui, bisa menjadi obat bagi hati dan pikiran seseorang. 

Memasak bersama Ibu dan menghabiskan malam bersama Ayah di rumah, juga salah satu momen yang tak bisa didapatkan di Lebaran tahun ini.

2. Masakan Rumah

Opor ayam dengan ketupat, rendang sambal kentang ati, juga masakan-masakan rumah lain yang sudah pasti tidak ditemukan di perantauan akan sangat dirindukan. 

Meskipun masakan tersebut bisa mudah ditemui di rumah makan atau restoran, tetapi tetap saja, aroma khas bumbu yang sedang dimasak oleh Ibu sendiri di rumah tidak bisa tergantikan. 

3. Bagi-bagi THR 

Saat lebaran, biasanya semua keponakan atau anggota keluarga yang lebih kecil akan beramai-ramai mendatangi rumah untuk meminta THR. 

Kegiatan bagi-bagi THR ini tak lagi dapat kita temui sejak dua tahun terakhir pasca pandemi terjadi. 

Namun, karena zaman sudah sangat modern, maka mereka bisa meminta THR melalui transfer rekening bank secara online. 

Tapi tetap saja, bagi-bagi THR tanpa bertemu tatap muka dengan keponakan kesayangan terasa ada yang kurang. 

4. Undang Teman ke Rumah

Pergi ke perantauan dengan tujuan bekerja atau melanjutkan studi tentu saja menyisakan kerinduan terhadap teman-teman saat masa kecil atau sekolah.

Jika biasanya saat Lebaran bisa menjadi ajang reuni dengan mengundang teman ke rumah, maka kali ini hal-hal semacam ini sulit sekali terjadi.

Image

Nelis (Writer)

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur