Light Dark

Mochi Khas Sukabumi, Kudapan Mungil yang Bisa Dinikmati saat Lebaran

Kuliner | 14 May 2021, 09:00 WIB
Mochi khas Sukabumi dengan berbagai varian rasa yang bisa dinikmati saat lebaran. | Dok. Mochi Kaswari Lampion

SUKABUMIUPDATE.com - Mochi Khas Sukabumi menjadi kue yang banyak dicari oleh para pendatang ketika berkunjung ke kota yang ada di Provinsi Jawa Barat tersebut. Namun tampaknya tidak banyak yang tahu bagaimana sejarah kudapan ini bermula, mengingat namanya yang identik dengan negara Jepang.

Nah bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang sejarah kue ini, bisa baca di sini. Di artikel tersebut dibahas bagaimana sejarah mochi di Sukabumi dan mengapa makanan itu saat ini menjadi ciri khas.

Mochi khas Sukabumi ternyata memiliki beragam varian rasa. Meski pada mulanya berasal dari Jepang, namun kini telah berkembang di Sukabumi. Sehingga kamu tidak akan sulit mencari tempat yang menjual kue ini. Termasuk untuk dinikmati saat momen lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Saat ini setidaknya ada belasan varian rasa dari Mochi Khas Sukabumi yang bisa kamu coba, antara lain Mochi kacang (original), durian, cokelat, keju kacang, wijen cokelat kacang, strawberry, blueberry, green tea, cookies dan cream, ovomaltine, nutella, keju kraft, keju, kitkat green tea, kitkat cokelat, cokelat milo, dan rasa kombinasi. Namun sebelum tahun 2000, kue ini hanya memiliki tiga varian rasa, yakni keju, cokelat, dan kacang.

Harga Mochi Khas Sukabumi ini juga cukup terjangkau dan tempat yang menjual kue ini pun sangat mudah ditemukan. Makanan asal Jepang tersebut memang lezat dan banyak penikmatnya.

Moci 39

photoMoci 39 menjadi salah satu tempat yang menjual mochi khas Sukabumi yang berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata Nomor 39 Kota Sukabumi. - (Sukabumiupdate.com/Oksa Bachtiar Camsyah)

Moci 39 terletak di Jalan Otto Iskandardinata Kota Sukabumi dan telah berdiri sejak 1964. Tempat ini unik karena di balik pintu gerbang besar abu-abu yang warnanya mulai memudar, terdapat dua orang, yakni ibu dan anak yang tetap setia menekuni bisnis kue Mochi yang sebelumnya dirintis oleh ibu (nenek) mereka di Jalan Elitong Sukabumi.

Atin Syupia (ibu-generasi kedua) dan Kokoy Gandh (anak-generasi ketiga) bahu-membahu dan tidak mengenal lelah untuk menjaga dan mempertahankan tradisi pembuatan kue Mochi yang diwariskan oleh leluhur mereka.

Dari Jalan Elitong kemudian mereka pindah ke Jalan Otto Iskandardinata dengan alasan masa sewanya telah habis sehingga mereka pindah ke rumah sendiri. Di lokasi barunya ini mereka tidak membuka toko secara khusus, namun para pembeli cukup datang lalu menekan bel yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk rumah.

Moci 39 hanya menjual satu varian rasa, yakni Mochi original alias rasa kacang. Mereka menjualnya dengan harga Rp 10 ribu untuk satu kotak dengan isi 8 butir.

Alamat: Jalan Otto Iskandardinata Nomor 39 Kota Sukabumi

Patokan: Setelah lampu lalu lintas perempatan Jalan Gudang, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Otto Iskandardinata, tepatnya di sebelah kiri dengan plang Moci 39.

Jam Operasional: 09.00-16.00 WIB

Kontak: 0266-222-404

Menu Andalan: Mochi kacang (Rp 10 ribu per kotak isi 8 butir)

Mochi Lampion

photoMochi Lampion menjadi salah satu tempat yang menjual mochi khas Sukabumi yang berlokasi di Jalan Bhayangkara Gang Kaswari Nomor 1 Kota Sukabumi. - (Sukabumiupdate.com/Oksa Bachtiar Camsyah)

Berada di Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi, tempat ini telah berdiri sejak 1983. Saat itu Mochi Lampion menempati bangunan di belakang jalan utama Gang Kaswari dan hanya memiliki sekitar 10 karyawan.

Direktur Operasional Mochi Lampion Sukabumi Rudi Witarsa mengungkapkan bahwa pada 2014 lalu pihaknya membangun gedung baru yang terletak di depan jalan utama Gang Kasawari agar memudahkan akses bagi konsumen ketika berbelanja.

"Saat ini total karyawan ada 70 orang yang terdiri dari bagian produksi, gudang, dan toko," kata Rudi kepada sukabumiupdate.com. Mochi Lampion menawarkan berbagai varian rasa yang bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau.

Berdasarkan daftar harga yang diterima, satu paket rasa cokelat dengan isi 15 butir Mochi dibanderol Rp 45 ribu. Kemudian untuk paket serupa dengan rasa kacang hijau juga dibanderol Rp 45 ribu. Termasuk untuk Mochi rasa keju kacang, wijen, dan keju dengan paket serupa dibanderol dengan harga yang sama.

Sementara untuk paket 15 butir Mochi rasa cookies and cream, tiramisu, green tea, kitkat green tea, kitkat cokelat, milo, ovomaltine, keju kraft, blueberry, wijen coklat kacang, strawberry, dan durian dibanderol seharga Rp 50 ribu. Selain itu, masih banyak lagi ragam varian rasa lainnya dengan harga terjangkau yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Mochi Lampion Sukabumi.

Alamat: Jalan Bhayangkara Gang Kaswari Nomor 1 Kota Sukabumi

Patokan: Dekat kantor asuransi Prudential

Jam Operasional: 08.00-21.00 WIB

Kontak: 0857-2214-9289 / 0813-2032-0473

Menu Andalan: Mochi kacang (Rp 50 ribu 36 butir), keju (Rp 45 ribu 15 butir), dan cokelat (Rp 45 ribu 15 butir)

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur