Light Dark

Pembuat Konten Bisa Dapat Uang dari Pengguna Twitter via Fitur Tip Jar

Aplikasi | 10 May 2021, 11:00 WIB
Ilustrasi fitur baru Twitter, Tip Jar. Fitur ini memungkinkan penggunanya mengirimkan tips uang kepada pembuat konten favorit | searchenginejournal.com

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu platform sosial media yakni Twitter, akan meluncurkan sebuah fitur baru bernama Tip Jar. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk mengirimkan sejumlah uang kepada Pembuat Konten favorit pengguna.

Baca Juga :

Siapa yang bisa memberikan tip?

Hanya kelompok pengguna tertentu yang telah diundang untuk menambahkan ikon Tip Jar atau toples tip ke sejumlah akun pembuat konten, termasuk diantaranya wartawan, lembaga non profit dan artis.

Para pengguna nantinya bisa mengirimkan sejumlah uang dan diarahkan ke menu khusus untuk melakukan pembayaran.

Bagaimana uang itu ditransfer?

Pembayaran difasilitasi platform Bandcamp, Patreon, PayPal, Aplikasi Tunai dan Venmo. Twitter tidak melakukan pemotongan untuk transaksi tersebut.

"Tip Jar adalah cara mudah untuk mendukung mereka (pembuat konten) yang telah membentuk ekosistem sehat di Twitter. Ini adalah langkah pertama Twitter menciptakan cara baru bagi orang-orang untuk menerima dan menunjukan dukungan di Twitter dengan uang," tulis Twitter di laman resminya. 

Bagaimana cara menambahkan uang dalam toples tip?

Mereka yang memiliki akses ke fitur baru ini dapat menambahkan saldo uang ke akun mereka melalui bagian 'edit profil', dengan mengaktifkan fungsi 'tip jar'. 

Pengguna harus terdaftar terlebih dahulu di salah satu platform pembayaran untuk menambahkan widget tersebut.

Apakah fitur ini aman?

Rachel Tobac, pakar privasi dan keamanan, menunjukan, sang penerima tips (pembuat konten) masih bisa melihat informasi alamat pengirim uang dari layanan PayPal.

Menurutnya, Twitter harus hati-hati menyembunyikan sejumlah privasi dan detail pribadi pengirim uang tersebut.

photoIlustrasi fitur baru Twitter bernama Tip Jar - (searchenginejournal.com)

Twitter menanggapi masalah ini dengan rencana akan mengklarifikasi deskripsi layanan toples tip di situs mereka, untuk mencatat bahwa semua pengguna yang terlibat dalam transaksi tunduk pada persyaratan penggunaan platform pembayaran.

Twitter berencana akan meluncurkan fitur Tip Jar ini di seluruh area di masa mendatang. 

Image

Teguh Setiawan

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur